Halo Greaters, tahukah kamu tentang sebuah pepatah mengatakan “Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tetapi juga memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan”, kutipan dari Shakuntala Devi, seorang penulis. Semangat menggiatkan literasi semacam ini tidak dipungkiri  semakin hari semakin sulit kita temui, tetapi bukan berarti tidak ada orang-orang yang peduli pada pendidikan masyarakat.

Dialah seorang guru dari SDN 003 Tenggarong, Kalimantan Timur, bernama Kurnia Astuti yang merupakan salah satu pegiat belajar yang perlu diapresiasi. Bukan tak beralasan, ia cukup intensif berkeliling di kompleks perumahannya untuk mengajak warga dan anak-anak membaca buku.

Membaca merupakan media belajar yang paling mudah karena bisa dilakukan di mana saja, Kurnia menggiatkan kegiatan membaca ini dengan membawa gerobak dorong yang berisi buku-buku dengan berbagai jenis bacaan. Ia bahkan turut mengajak tiga orang anaknya yang masih kecil, Bilqis yang duduk di kelas empat SD, Yasmin yang masih TK, dan Asifa yang baru berusia tiga tahun.

Dilansir dari liputan6.com, ia mempersilahkan siapa saja untuk membaca buku yang ia bawa secara gratis. Kegiatan ini ia lakukan setelah melihat semakin maraknya anak-anak yang justru lebih asyik bermain ponsel, karena itulah ia memulai gerakan keliling ini secara rutin setiap hari Jum’at, mulai dari pukul 16.30 hingga 17.30 WIB.

Kurnia juga memiliki perpustakaan mini yang ada di rumahnya, untuk mengakomodir warga dan anak-anak yang ingin membaca selama bulan puasa. Perpustakaan mini ini ia buka di rumahnya, sebagai pendukung semangatnya dalam menggiatkan kembali budaya literasi yang semakin hari semakin menipis.

Meskipun awalnya Kurnia bukanlah seorang pembaca buku yang rutin, tetapi semenjak menjalankan kegiatan gerakan literasi ini ia semakin rutin membiasakan kegiatan program ini. Bahkan bersama suaminya, ia semakin sering meluangkan waktu untuk mengajak keluarganya membaca buku setiap hari, mulai dari sesudah shalat subuh hingga menjelang tidur.

Mengutip dari Kumparan.com kegiatan membaca sebenarnya memiliki beragam manfaat jika dibiasakan sejak dini. Selain mendukung perkembangan kecerdasan, tetapi juga mampu membentuk kepribadian seseorang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca dapat mendukung kemampuan akademis seorang anak ketika ia mulai bersekolah. Membaca juga dipercaya membantu seorang anak dalam menyerap teori dan konsep belajar, jika ia  terbiasa membaca sejak kecil.

Jadi Greaters, sudah berapa buku yang kamu baca hari ini?

Sumber gambar utama : Tribunnews
Penulis : Lajovi Pratama

Baca juga 5 Cara Menghadapi Fobia Sosial pada Anak