Secara umum, globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses tatanan masyarakat yang sifatnya mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Oleh karena itu, semua manusia pasti mengalami globalisasi. Terjadinya globalisasi di masyarakat didorong oleh beberapa faktor, sebagai berikut.

a. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi


 

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menciptakan alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih, aman, dan murah. Sejak abad ke-19, teknologi mulai bermunculan dan pada abar ke-20, teknologi komunikasi mulai berkembang pesat. Orang-orang mulai mengenal satelit, telepon, telepon genggam, internet, mobil, pesawat terbang, dna sebagainya. Bahkan sekarang ini, setelah adanya internet, mulai berkembang media sosial yang memudahkan penggunanya berkomunikasi langsung dengan orang lain di belahan dunia mana pun seolah sedang bertatapan langsung. Bentuk media sosial ini seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Path.


b. Semakin Terbukanya Sistem Perekonomian Negara-Negara Di Dunia


 


Faktor kedua adalah semakin terbukanya sistem perekonomian suatu negara di bidang perdagangan, produksi, maupun keuangan. Menurut Francis Fukuyama, negara maju dan negara berkembang menganut prinsip-prinsip liberal dan mengatur ekonomi negara mereka. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa semakin terbukanya sistem perekonomian negara dipengaruhi oleh liberalism perekonomian dunia sehingga laju globalisasi semakin cepat.


Baca Juga : Dampak Globalisasi


c. Mengglobalnya Pasar Uang

Mengglobalnya pasar uang ini muncul sebagai akibat terbukanya perekonomian negara di dunia. Jadi, dapat dikatakan terbukanya perekonomian negara saling terkait dengan pasar uang. Apabila pasar uang semakin meluas/mengglobal, akan berakibat semakin besar pula kegiatan ekonomi suatu negara. Jika semakin liberal perekonomian suatu negara, akan semakin cepat pasar uang menglobal.


d. Dinamika dan Perkembangan Politik Dunia

Masih ingat dengan Perang Dingin yang terjadi tahun 1947-1991? Terjadinya Perang Dingin memiliki pengaruh besar terhadap globalisasi. Setelah Uni Soviet mengalami kehancuran, kondisi politik di dunia mengalami perubahan. Salah satu bentuk perubahan yang dapat mempercepat terjadinya globalisasi yaitu munculnya demokratisasi di berbagai belahan dunia. Dengan adanya demokratisasi telah memberikan kesempatan kepada semua warga negara untuk berpartisipasi dalam proses politik.

 

Referensi :

Rufikasari, Lia, dkk. 2016. Sosiologi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Edisi Revisi. Surakarta : Mediatama.

Maryati, Kun, dkk. 2017. Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Erlangga.


Penulis : Avia Rahmania.