Hai Sobat Greaters, ketemu lagi nih. Saat ini kita akan membahas tentang ekonomi bisnis. Simak baik-baik ya!

Pengertian Ilmu Ekonomi

Secara etimologi ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga dan “Nomos” yang berarti tata aturan atau hukum. Jadi kesimpulannya bahwa ekonomi adalah pengelolaan rumah tangga. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya alam secara perorangan, kelompok dan suatu negara untuk kemakmuran dan kesejahteraan. Ilmu ekonomi bisa dikatakan sebagai  ilmu yang mengkaji tentang perilaku manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami mengenai pengertian ilmu ekonomi maka kita bahas bersama pengertian ilmu ekonomi dari para ahli.

Sumber : Ndh.vn

  1. Adam Smith
    Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu dalam hidupnya. 
  2. John Stuart Mill
    Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan.
  3. Jean-Baptiste Say
    Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang peraturan yang dapat menentukan kekayaan seseorang.
  4. Karl Marx
    Mengatakan bahwa ilmu yang mempelajari tentang cara manusia dalam bertahan hidup dalam kelas sosial tertentu dan berhubungan dengan pemanfaatan sarana produksi.
  5. Max Weber
    Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mepelajari tentang pembentukan pola tindakan sosial dan tindakan ekonomi berdasarkan nilai-nilai yang diyakini.
  6. John Maynard Keynes
    Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkat kemakmuran suatu negara untuk mencapai kondisi perekonomian tertentu.
  7. Mohammad Hatta
    Mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial dalam masyarakat.

Manfaat Ilmu Ekonomi 

Sumber : Mediaindonesia.com

Berdasarkan dari pengertian tentang ilmu ekonomi diatas maka secara garis besar ilmu ekonomi bermanfaat untuk.

  1. Memberikan arahan dalam mengambil keputusan dalam tindakan-tindakan ekonomi
  2. Membantu manusia untuk memahami pola perilaku ekonomi di masyarakat.
  3. Memberikan pengertian tentang potensi dan terbatasnya kebijakan ekonomi
  4. Membantu meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap masalah ekonomi dan global.

Pada pembahasan tentang ekonomi bisnis, kamu harus mengetahui ekonomi dan bisnis. Setelah mengetahui tentang ekonomi, selanjutnya kamu harus mengetahui pengertian bisnis.

Pengertian Bisnis

Sumber : Jurnal.id

Bisnis adalah individu, badan usaha atau perusahaan dimana pelakunya ingin mendapatkan keuntungan dalam kegiatan ekonominya. Bisnis lebih menekankan pada kegiatan jual beli yang dilakukan secara tunai maupun kredit. Dalam bisnis juga terdapat strategi bisnis. Strategi bisnis yang dilakukan untuk melakukan riset pasar, melihat peluang apa saja yang sedang disukai pasar, untuk meramal bisnis yang akan dilakukan akan mengalami kemajuan atau kemundurann sesuai dengan siklus ekonomi pasar. 

Kesuksesan suatu bisnis dipengaruhi oleh suatu perubahan ekonomi. Faktor perubahan ekonomi ini dipengaruhi oleh adanya pasar bebas dan era teknologi informasi. Sebagai orang yang memiliki bisnis diharuskan untuk mengetahui bisnis apa yang sedang memiliki peluang dan bagaimana pemasaran dari suatu bisnis tersebut. Saat ini kemajuan teknologi informasi bisa dimanfaatkan untuk menjual produk yang kita jual melalui media online. Keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak dan konsumen juga mendapat banyak kemudahan. 

Kesimpulannya adalah sebagai orang yang terjun di dunia bisnis tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi untuk memasarkan produknya. Kita harus memanfaatkan teknologi informasi dengan maksimal. Dengan teknologi informasi kita juga bisa beriklan dengan biaya yang sangat murah melalui media online seperti domain web, facebook, blog, twitter dan sebagainya. Melihat banyak kemudahan yang mendukung berjalannya suatu bisnis harusnya membuatmu yakin untuk membuka bisnis demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Itulah pembahasan mengenai ekonomi bisnis. Semoga bermanfaat untuk sobat Greaters semua.

Sumber gambar utama : Unpad.ac.id
Penulis : Prokonten

Baca juga Mengenal Vektor Lebih Dalam di Bidang Fisika