Hai Greaters! Berbicara tentang tubuh manusia, perlu kita ketahui bahwa terdapat banyak sekali sistem yang mengatur aktivitas dalam tubuh. Dan salah satu sistem tersebut adalah sistem regulasi dalam tubuh. Sistem regulasi pada manusia memiliki peran untuk mengatur seluruh kegiatan atau aktivitas dalam tubuh. Berikut ini merupakan ulasan mengenai sistem regulasi tubuh manusia. 

Sistem Saraf

Sumber : Markijar.com

Sistem saraf berperan untuk iritabilasi tubuh. Iritabilitas ini merupakan kemampuan untuk menanggapi rangsangan. Sistem saraf ini memiliki tiga komponen yaitu :

1. Reseptor

Reseptor ini merupakan alat untuk menerima rangsangan atau impuls. Didalam tubuh manusia yang bertindak untuk reseptor adalah organ indra.

2. Konduktor (penghantar impuls)

Konduktor ini dilakukan oleh sistem saraf yang terdiri dari sel-sel saraf yang disebut dengan neuron. 

3. Efektor

Efektor ini merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi untuk menanggapi rangsangan. Bagian dari efektor yang sangat penting bagi manusia adalah otot dan juga kelenjar (hormon). Otot berfungsi untuk menanggapi rangsangan berupa gerakan tubuh. Sedangkan untuk hormon berfungsi untuk menanggapi rangsangan dengan cara meningkatkan atau menurunkan aktivitas organ tubuh tertentu.

Macam-macam sel saraf

  1. Saraf sensorik (aferen)
    Saraf sensorik ini merupakan sel saraf  yang berfungsi untuk membawa rangsangan dari reseptor kedalam sistem saraf pusat.
  2. Saraf motorik (eferen)
    Saraf motorik  ini merupakan sel saraf yang berfungsi untuk membawa rangsangan dari sistem saraf pusat menuju sel-sel efektor (otot dan kelenjar).
  3. Sel saraf asosiasi
    Sel saraf asosiasi merupakan penghubung sel saraf sensorik dengan motorik.

Fungsi Sistem Saraf 

  1. Untuk mengatur organ-organ dalam tubuh agar terjadi keserasian
  2. Untuk menerima rangsangan sehingga bisa mengetahui dalam waktu cepat keadaan dan perubahaan yang terjadi dilingkungan sekitar.
  3. Untuk mengendalikan dan memberikan reaksi terhadap rangsangan dalam tubuh.

Sistem Hormon 

Sumber : Siswapedia.com

Hormon merupakan zat kimia yang dihasilkan kelenjar endokrin atau kelenjar buntu. Kelenjar yang dihasilkan oleh hormon ini adalah kelenjar yang tidak memiliki saluran sehingga sekresinya akan masuk kedalam aliran darah dan mengikuti peredaran darah keseluruh tubuh. Hormon dan saraf memiliki pengaruh yang sangat berbeda. Dimana hormon ini mengatur metabolisme reproduksi dan pertumbuhan. Berikut adalah ciri-ciri dari hormon:

  1. Hormon diangkut oleh darah menuju ke jaringan/sel target.
  2. Hormon diproduksi dan disekresi di dalam darah oleh sel kelenjar endokrin dengan jumlah yang sangat sedikit.
  3. Adanya interaksi dengan reseptor
  4. Memiliki pengaruh untuk mengaktifkan enzim khusus.
  5. Memiliki pengaruh terhadap sel target yang berlainan.

Sistem Indra 

Sumber : Gurupendidikan.com

Sistem indra dalam tubuh manusia adalah alat yang ada didalam tubuh manusia yang mampu berfungsi menerima suatu rangsangan. Sistem indra ini memiliki sel-sel reseptor khusus untuk mengenali perubahan yang terjadi di lingkungan. Fungsi utama dari sistem indra adalah untuk mengenal rangsangan dari lingkungan diluar tubuh kita. Untuk itu kita bisa melindungi tubuh kita dari gangguan-gangguan dari luar tubuh. Sistem indra yang dimiliki oleh manusia terdiri dari alat penerimaan rangsangan dan urat saraf. Indera dalam tubuh manusia terdiri dari bagian-bagian yang berfungsi untuk menerima, mengolah dan juga menjawab rangsangan. 

Manusia memiliki lima macam indera, yaitu:

  1. Indra pendengaran (telinga)
  2. Indra penglihatan (mata)
  3. Indra pembau (hidung)
  4. Indra pengecap (lidah)
  5. Indra peraba (kulit)

Kelima indra tersebut memiliki fungsi untuk mengenali perubahan lingkungan luar tubuh, sehingga dikenal dengan nama eksoreseptor. 

Dari informasi yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa sistem regulasi pada tubuh manusia terdiri dari beberapa bagian. Bagian tersebut adalah sistem saraf, sistem indera, dan juga sistem hormon. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya Greaters!

Sumber gambar utama : Ruangmuda.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Belajar Tentang Sistem Gerak pada Manusia