Hai Greaters, berbicara tentang masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia pada masa lampau pasti tidak bisa dipisahkan dari adanya kerajaan-kerajaan besar pada waktu itu yang menjadi bukti betapa jayanya masa Hindu-Budha dan Islam di masa silam. Dan kerajaan-kerajaan besar tersebut juga memegang peranan penting dalam proses panjang terbentuknya negara kita hingga saat ini. Lalu, apa saja sih kerajaan terbesar di Indonesia pada masa Hindu-Budha dan Islam itu?

1. Kerajaan Kutai

Sumber : Yuksinau.id

Kerajaan Hindu tertua adalah kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai ini berdiri pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini berada di tepi Sungai Mahakam. Kerajaan Kutai didirikan oleh Raja Kudungga, tetapi kerajaan Kutai mencapai masa kejayaannya pada masa pemerintahan raja Mulawarman. Raja Mulawarman ini merupakan cucu dari raja Kudungga. Salah satu bukti kejayaan dari kerajaan ini tertulis dalam prasasti berbentuk Yupa, sebuah prasasti yang ditulis menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Kerajaan Kutai berakhir pada saat dipimpin raja ke-21 yaitu Maharaja Dharma Setia.

2. Kerajaan Tarumanegara

Sumber : Perpustakaan.id

Kerajaan Tarumanegara berdiri sekitar abad ke-4 dan bercorak Hindu aliran Wisnu. Kerajaan ini berada di dekat aliran sungai Citarum, Bogor, Jawa Barat. Menurut bukti sejarahnya, raja Purnawarman merupakan raja dari kerajaan Tarumanegara yang paling terkenal. Kerajaan Tarumanegara meninggalkan beberapa prasasti yaitu prasasti Tugu, prasasti Kebon Kopi, prasasti Cidanghyang, prasassti Ciaruteun, prasasti Muara Cianten, prasasti Jambu dan prasasti Pasir Awi.

3. Kerajaan Sriwijaya

Sumber : Romadecade.org

Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke-6 dan merupakan kerajaan Budha. Dikatakan sebagai kerajaan Budha karena kerajaan Sriwijaya merupakan pusat pengembangan dan juga pendidikan agama Budha. Kerajaan Sriwijaya berada di Pulau Sumatra dan memiliki perubahan yang besar terhadap Nusantara. Kerajaan ini mencapai masa puncak kejayaannya pada masa saat pemerintahan raja Balaputradewa. Namun pada tahun 1477 kejayaan kerajaan Sriwijaya berakhir setelah ditaklukkan oleh kerajaan Majapahit. Beberapa peninggalan dari kerajaan Sriwijaya adalah prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuo, prasasti Kota Kapur, Prasasti Telaga Batu, prasasti Kurang Berahi, dan kerajaan Ligor.

4. Kerajaan Majapahit

Sumber : Fokussatu.com

Kerajaan Majapahit berdiri sekitar tahun 1293 sampai dengan 1500 Masehi. Kerajaan Majapahit ini merupakan salah satu kerajaan Hindu-Budha terbesar di Indonesia. Kerajaan yang satu ini berada di Jawa Timur. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada saat pemerintahan raja Hayam Wuruk. Raja Hayam Wuruk memimpin kerajaan Majapahit pada tahun 1350 hingga 1386. Pada saat masa kejayaannya, kerajaan Majapahit mampu menguasai Nusantara. Beberapa peninggalan dari kerajaan Majapahit adalah Candi Tikus, Candi Brahu, Candi Ceto, Candi Pari, Candi Gentong dan masih banyak lagi.

5. Kerajaan Samudera Pasai

Sumber : Romadecade.com

Kerajaan Samudera Pasai berdiri pada abad ke-13 dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan Samudera Pasai ini berada di Aceh Utara terutama di Lhoksuemawe. Kerajaan ini didirikan oleh Sultan Malik Al Saleh dan mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-zahir. Beberapa peninggalan dari kerajaan Samudera Pasai adalah koin emas, makam raja-raja pasai dan sebagainya.

6. Kerajaan Demak

Sumber : Moondoggiesmusic.com

Kerajaan Demak berdiri di pulau Jawa setelah runtuhnya kerajaan Majapahit pada abad ke -15. Kerajaan Demak ini merupakan kerajaan Islam di Pulau Jawa. Namun kerajaan Demak keberadaannya tidak berlangsung lama kira-kira hanya 79 tahun. Seperti namanya, kerajaan Demak berada di Demak, Jawa Tengah. Kerajaan Demak mencapai puncak kejayannya pada masa pemerintahan Sultan Trenggana. Sultan Trenggana ini merupakan anak dari Raden Patah pendiri Kerajaan Demak. Beberapa peninggalan Kerajaan Demak adalah Masjid Agung Demak, Dampar Kencana, Piring Campa dan sebagainya.

Baik kerajaan besar di Indonesia pada masa lampau yang berkembang di masa Hindu-Budha atau pun pada masa Islam, semuanya sama-sama memiliki kisah kejayaannya tersendiri. Dari sejarah tersebut kita sebagai generasi muda harus nya bisa memetik pelajaran berharga bahwa negara Indonesia yang kita huni saat ini memiliki proses terbentuk yang panjang dan luar biasa. Semoga Greaters juga bisa selalu ingat akan hal itu, ya!

Sumber gambar utama : Materisekolah.co.id
Penulis : Prokonten

Baca juga Ketahui Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu-Budha ke Indonesia