Halo Greaters, kali ini kita akan belajar mencari gagasan utama paragraf. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Pengertian Gagasan Utama

Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan dalam suatu paragraf. Nama lain dari gagasan utama adalah ide pokok. Gagasan utama ada dalam kalimat utama dan dalam tiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Gagasan utama perlu diketahui karena ini penting agar kamu tidak kesulitan dalam menyimpulkan suatu bacaan dan tahu inti dari bacaan tersebut.

Mencari Gagasan Utama Paragraf

Untuk mencari gagasan utama paragraf, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Apa saja?

1. Membaca keseluruhan paragraf dengan teliti

Sumber : Beritagar.id

Pertama yang harus dilakukan adalah membaca isi dari keseluruhan paragraf. Membaca membutuhkan proses mental agar bisa memahami kata demi kata dan menghubungkan maksud dan tujuan dari media baca yang pada akhirnya pembaca bisa menyimpulkan/mengingat/menjelaskan kembali/menuliskan hal dengan pemikiran baru setiap pembaca. Meski begitu, bacalah setiap kalimat dalam paragraf dengan teliti dan cermat. Hal ini dilakukan agar kamu bisa segera tahu inti dari paragraf yang sedang kamu baca. Ini merupakan metode/cara awal untukmu dalam mengetahui gagasan utama suatu paragraf. 

2. Amati kalimat pertama sampai akhir dari paragraf

Paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang berisi gagasan pokok. Dalam paragraf, ada kalimat utama dan kalimat penjelas. Gagasan utama atau ide pokok umumnya bisa dilihat jelas dan tampak pada kalimat yang ada dalam paragraf. Kalimat yang isinya gagasan utama dijuluki kalimat utama/kalimat pokok. Sedangkan kalimat yang isinya pikiran penjelas dijuluki kalimat penjelas atau juga kalimat pelengkap. Namun, ada pula beberapa paragraf yang terdiri dari kalimat-kalimat yang berposisi sama. Yang artinya, ada paragraf yang gagasan utamanya tidak tersurat dalam kalimat utamanya, tetapi tersirat dalam keseluruhan paragraf.

3. Teliti tiap kalimat dalam suatu paragraf

Sumber : Blibli.com

Untuk mencari gagasan utama paragraf, kalian bisa memperhatikan ide pokok paragraf yang terletak di awal, akhir ataupun campuran (awal dan akhir). Ada sejumlah jenis paragraf berpola pengembangan berbeda yang mungkin meletakkan kalimat utama yang berbeda-beda. Kalimat utama dapat diposisikan di awal, tengah, maupun di akhir suatu paragraf. Jenis paragraf menurut letak kalimat utamanya, dapat dilihat sebagai berikut:

  • Paragraf deduktif
    Paragraf deduktif atau deduksi adalah paragraf yang kalimat/gagasan utamanya terletak di awal paragraf.

  • Paragraf ineratif
    Paragraf ineratif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di tengah-tengah paragraf.

  • Paragraf induktif
    Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya posisinya di akhir paragraf.

4. Menandai informasi penting dalam tiap paragraf

Dalam suatu paragraf, selain ada ide pokok/gagasan utama tentu juga ada kalimat lain yang mendorong ide pokok paragraf tersebut. Untuk menentukan ide pokok paragraf, bisa kamu lakukan dengan cara mengumpulkan kalimat atau kata yang memuat informasi penting dalam paragraf tersebut. Informasi penting ialah pesan, ucapan atau ekspresi dalam bacaan yang ingin disampaikan. Bisa juga diartikan sebagai kumpulan pesan yang terdiri dari simbol atau maksud penting yang bisa dijabarkan. Setelah kamu tahu, apa informasi penting dalam suatu paragraf, maka kamu bisa menandainya dengan highlighter agar mudah diingat.

5. Menandai gagasan utama yang ada di setiap paragraf

Sumber : Pxhere.com

Dalam tiap paragraf, tentu saja ada gagasan utama atau ide pokok. Nah, ide pokok ini bisa dikenali dari ciri – ciri ide pokok. Dengan memakai ciri – ciri dari ide pokok suatu bacaan akan mempermudah kamu dalam menentukannya. Ciri-ciri Ide Pokok, yaitu:

  • Kalimatnya berwujud pikiran utama atau gagasan utama.
  • Berisikan pokok persoalan atau inti dari persoalan.
  • Diungkapkan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik.
  • Ide pokok dimasukkan dalam satu kalimat dan kalimat itu disebut sebagai kalimat utama.
  • Umumnya, kalimat utama bisa diidentifikasi dengan mudah. 

Nah Greaters, itulah beberapa cara mencari gagasan utama paragraf. Namun, jika kamu masih belum memahami secara jelas pembahasan tersebut dan membutuhkan pembimbing yang mampu menjelaskan materi lainnya, GreatPrivat bisa membantumu mewujudkannya. Layanan les privat berbasis aplikasi ini menyediakan pilihan tutor berkualitas dan berpengalaman di berbagai mata pelajaran dengan proses belajar yang menyenangkan. Yuk, pilih tutor les privat sesuai kebutuhanmu di GreatPrivat yang ada di aplikasi GreatEdu. Lebih pintar dengan GreatPrivat!

Sumber gambar utama : Heardtell.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Mengenal Peradaban Awal Amerika