Hai Greaters! Jika kalian merupakan salah satu orang yang gemar membaca pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah membaca cepat. Istilah ini digunakan untuk merujuk teknik membaca dengan efektif yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau cepat. Teknik membaca seperti ini akan sangat bermanfaat ketika kita akan membaca banyak sekali bacaan. Berikut ini merupakan informasi mengenai membaca cepat.

Membaca dalam Hati

Membaca dengan suara lisan sebenarnya tidak salah, namun kurang efektif untuk membaca buku pelajaran atau kuliah. Kamu akan menghabiskan banyak waktu karena membaca kata per kata. Bahkan, sangat rawan mengulangi bacaan yang sudah dibaca sebelumnya. Oleh karena itu, agar lebih efektif cobalah untuk membaca dalam hati.

Jika kamu belum terbiasa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti, memasang earphone di telinga dan memutar lagu instrumental atau dapat pula dengan mengunyah permen karet. Dengan begitu, otak akan terdistraksi dari gaya vokalisasi bacaan dan lebih fokus untuk membaca serta memahaminya saja.

Jarak Pandang Membaca 

Sumber : Medium.com

Jarak pandang dapat mempengaruhi fokus membaca. Ketika tidak fokus, tentu sangat sulit untuk memahami apa yang sedang kamu baca. Selain jarak pandang, masih banyak faktor yang mempengaruhi tingkat fokus ketika membaca. Seperti tempat, suara, keadaan fisik saat membaca. Membaca dari jarak terlalu dekat sering membuat pusing dan susah memahami karena hanya melihat bacaan dari kata per kata. Oleh karena itu, bacalah buku dalam jarak ideal sekitar 30 cm. Pada jarak ini, pandanganmu akan lebih luas sehingga dapat memahami 1 kalimat secara langsung. Otak akan lebih rileks untuk menerima informasi.

Membaca Kalimat Secara Utuh

Agar lebih efektif dan cepat, kamu tidak dapat membaca kata per kata. Pada sebuah bacaan, kata-kata tidak dapat berdiri sendiri. Kata-kata saling terhubung dalam kalimat yang harus dibaca secara utuh agar dapat dipahami dengan baik. Jika hanya fokus mengartikan kata per kata, tentu sangat merepotkan karena mengulang bacaan sebelumnya. Selain membuang waktu, kamu dapat kehilangan fokus juga dalam memahami bacaan.

Membaca Menggunakan Jari 

Sumber : Id.pinterest.com

Selain vokalisasi, ada kebiasaan lain yang sering dilakukan saat membaca yaitu mengulang. Kebiasaan ini jelas tidak efektif dari segi waktu maupun untuk memahami isi bacaan buku. Meski salah, kebiasaan ini terus melekat bagi beberapa orang saat membaca buku. Alasannya, karena terdapat kata-kata yang terlupakan sehingga kurang paham makna bacaan pada halaman berikutnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah membaca menggunakan jari telunjuk. Gerakkan jari telunjuk sesuai letak bacaan yang sedang kamu baca. Dengan begitu, tidak ada lagi kata-kata yang terlupakan. Belajar membaca cepat menggunakan jari biasanya sering dipraktekkan anak-anak yang baru belajar membaca.

Mengetahui Ide Pokok

Untuk membaca cepat, ketahui terlebih dahulu ide utama yang disampaikan. Ide atau kalimat pokok biasanya terletak di awal atau akhir paragraf. Setelah mengetahui ide utama, berikan tanda dengan memakai highlighter. Ide pokok ini adalah kunci penghubung tiap paragraf yang kamu baca. Dengan menandai ide pokok, kamu akan lebih gampang memahami dan mengerti maksud yang disampaikan dari bacaan buku tersebut.

Mengetahui Kemampuan Membaca

Sumber : Ptlibrary.org

Membaca cepat tidak hanya sekedar membaca saja, tapi juga harus paham isi bacaan buku. Oleh karena itu, sebelum memulai belajar membaca cepat alangkah baiknya mengetahui kemampuan membaca dan daya serap yang kamu miliki. Metode untuk mengetahui kemampuan ini juga mudah. Pertama, pasang timer dalam 1 menit. Lalu, bacalah buku setenang mungkin hingga timer-mu berbunyi. Hitung banyaknya paragraf atau halaman yang dapat kamu baca dan catat sebagai bukti. Ulangi cara ini setiap kamu membaca buku yang lain. Usahakan waktu yang diperlukan makin singkat disertai pemahaman yang lebih baik, agar membaca tidak hanya makin cepat tetapi, juga makin efektif.

Berlatih Membaca

Sering berlatih akan membuat kamu lebih cepat dalam membaca. Biasakan untuk membaca apa saja setiap hari misalnya, novel, majalah, koran, atau artikel-artikel dalam internet. Alangkah baiknya berlatih membaca dilakukan secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa belajar membaca cepat lebih efektif.

Teknik membaca cepat akan sangat bermanfaat untuk digunakan dan diterapkan dalam aktivitas membaca yang kita lakukan. Terdapat beberapa cara untuk melatih diri kita dalam melakukan teknik ini. Semoga, informasi ini dapat menambah pengetahuan Greaters ya! 

Sumber gambar utama : books-that-can-change-your-life.net
Penulis : Prokonten

Baca juga Belajar Tentang Novel dalam Bahasa Indonesia