Hai Greaters, kali ini kita akan belajar materi texts dalam bahasa Inggris. Bagi kamu yang suka dengan bahasa Inggris, pasti excited banget nih untuk membacanya. Namun, bagi kamu yang kurang tertarik, coba dibaca saja untuk menambah ilmu pengetahuan. Simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Pengertian texts

Texts merupakan kata dan kalimat yang dirangkai menjadi suatu paragraf. Texts yang dirangkai menjadi suatu paragraf bisa berisi tentang pengalaman seseorang, cerita, berita dan sebagainya. Dalam mata pelajaran bahasa Inggris, terdapat berbagai macam texts dengan ciri-ciri dan struktur yang berbeda.

Jenis-jenis texts

Dalam bahasa Indonesia, terdapat beberapa jenis tulisan yang bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pendapat, informasi atau pemikiran. Hal ini juga berlaku ketika belajar bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, terdapat macam-macam jenis texts yang tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia, yaitu Descriptive, Procedure, Narrative, Recount dan Report. Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

1. Descriptive Texts

Sumber : Ef.co.id 

Descriptive texts dalam bahasa Inggris berisi tentang penggambaran dari sebuah objek yang ditulis dengan sangat detail seolah-olah objek tersebut nyata. Tujuan dari descriptive texts ini adalah untuk menggambarkan detail tentang benda, seseorang dan suatu keadaan sehingga setiap orang yang membaca descriptive texts merasa seolah-olah nyata. Struktur descriptive texts ini adalah:

  • Identification : berisi tentang gambaran umum dari objek yang dideskripsikan.
  • Description : berisi tentang gambaran secara detail tentang objek yang dideskripsikan.

2. Narrative Texts

Narrative texts merupakan texts yang berisi tentang sebuah cerita dan kisah suatu kejadian sesuai dengan alur waktu dari penulis. Salah satu contoh narrative texts adalah cerita dalam sebuah novel. Tujuan dari narrative texts adalah sebagai suatu hiburan bagi pembacanya sehingga kejadian-kejadian yang ada dalam cerita tersebut seolah-olah dirasakan  langsung oleh pembacanya. Struktur dari narrative texts adalah :

  • Orientation : berisi tentang pengenalan dalam cerita yang mengenalkan tokoh, tempat, dan latar belakang lainnya.
  • Complication : berisi tentang inti cerita sebuah kisah yang ditandai dengan munculnya konflik antar tokohnya.
  • Resolution : berisi tentang bagian akhir cerita dalam kisah tersebut yang diawali dengan adanya solusi mengatasi konflik.
  • Coda : berisi tentang kesimpulan dari cerita tersebut.

3. Report Texts

Sumber : Kumparan

Report texts merupakan suatu texts yang berisi tentang sebuah informasi yang terjadi dalam sebuah lingkup. Tujuan dari report texts adalah untuk memberikan gambaran umum tentang suatu kejadian yang baru saja terjadi melalui sebuah pengamatan dan analisa yang sistematis. Struktur dari report texts adalah :

  • General classification : berisi tentang gambaran umum suatu kejadian.
  • Description : berisi tentang deskripsi dari suatu kejadian yang ingin disampaikan.

4. Recount Texts

Recount texts merupakan salah satu bentuk texts yang biasanya digunakan untuk menceritakan suatu kejadian di masa lampau. Ciri-ciri utama dari recount texts adalah menggunakan kalimat bentuk lampau atau past tense. Struktur dari recount texts adalah :

  • Orientation : berupa paragraf pembuka dan berisi tentang pengenalan dan juga latar belakang kejadian.
  • Events : berisi tentang kejadian yang pernah dialami oleh subjek.
  • Reorientation : berisi tentang kesimpulan dari suatu kejadian yang pernah dialami.

5. Procedure Texts

Sumber : Medicalnewstoday.com

Procedure texts merupakan sebuah texts yang menjelaskan cara atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu dengan cara yang benar. Tujuan dari procedure texts adalah untuk menulis bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan cara dan langkah yang benar. Struktur dari procedure texts adalah :

  • Aim : berisi tentang tujuan dari proses pembuatan sesuatu.
  • Materials : berisi tentang barang benda yang dibutuhkan dalam pembuatan sesuatu.
  • Steps : berisi tentang proses dan juga langkah-langkah pembuatan sesuatu.

Nah Greaters, itulah penjelasan materi mengenai texts dalam bahasa Inggris. Pastinya kamu semakin tertarik nih untuk mempelajari bahasa Inggris. Namun, jika kamu masih belum memahami secara jelas pembahasan tersebut dan membutuhkan pembimbing yang mampu menjelaskan materi lainnya, GreatPrivat bisa membantumu mewujudkannya. Layanan les privat berbasis aplikasi ini menyediakan pilihan tutor berkualitas dan berpengalaman di berbagai mata pelajaran dengan proses belajar yang menyenangkan. Yuk, pilih tutor les privat sesuai kebutuhanmu di GreatPrivat yang ada di aplikasi GreatEdu. Lebih pintar dengan GreatPrivat!

Sumber gambar utama : Oxbridgeessays.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Belajar Mencari Gagasan Utama Paragraf