Greaters, kali ini pembahasan kita mengenai teks eksposisi yang pada materi pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar tentang teks eksposisi? Pas sekali nih jika kamu belum mengerti atau tidak tahu sama sekali tentang teks eksposisi. Yuk, tanpa perlu berlama-lama lagi, kita bahas secara lengkap. Berikut penjelasannya:

Pengertian Eksposisi

Teks yang berkarakteristik itulah yang dimaksud dengan teks eksposisi. istilah eksposisi berasal dari kata expose yang berarti memberikan disertai dengan analisis dan penjelasan. Adapun sebagai anak suatu teks eksposisi dapat diartikan sebagai karangan yang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan seseorang dalam pengembangannya eksposisi dapat menggunakan fakta contoh-contoh gagasan penulisannya ataupun pendapat pendapat para ahli bahkan teks itu dapat dilengkapi dengan media media visual seperti tabel grafik peta dan lainnya.

Fungsi, Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi

1. Fungsi teks eksposisi

Berdasarkan fungsi atau tujuan penyampaiannya koma eksposisi tergolong ke dalam jenis teks yang argumentative. Pembaca ataupun yang mendengarnya, diharapkan mendapatkan pengertian ataupun kesadaran tertentu dari teks tersebut. Tidak sekedar pengetahuan ataupun wawasan baru, tetapi lebih dari itu, yakni berupa perubahan sikap atau sekurang-kurangnya berupa persetujuan atas pernyataan-pernyataan di dalam teks tersebut.

2. Struktur teks eksposisi

  • Tesis, bagian yang memperkenalkan persoalan isu, atau pendapat umum yang merangkum keseluruhan isi tulisan.
  • Rangkaian argument, yang berisi sejumlah pendapat dan fakta-fakta yang mendukung tesis.
  • Kesimpulan, yang berisi penegasan kembali tes tes yang diungkapkan pada bagian awal

3. Kaidah teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang menyajikan pendapat atau gagasan yang dilihat dari sudut pandang penulisannya dan berfungsi untuk meyakinkan pihak lain bahwa argumen-argumen yang disampaikan itu benar dan berdasarkan fakta-fakta. Konsekuensinya, di dalam teks tersebut ada satu topik tertentu yang menjadi perhatian penulisannya, yang dikupas secara spesifik karena mendapat pendapat itu berupa pandangan-pandangan penulisannya, di dalam teks eksposisi ke mungkin pula dijumpai ungkapan subjektif penulisnya seperti sepertinya, saya anggap ,saya juga, dimungkinkan, dan kata-kata sejenis lainnya.

Perbandingan Teks Eksposisi

Teks eksposisi mudah kita temukan di berbagai media atau surat kabar. Wujudnya bisa berupa berita ataupun artikel, esai, editorial. Dalam bentuk lisan ,mudah pula dijumpai dalam acara-acara debat atau berbentuk komentar komentar.

Menulis Teks Eksposisi

Dalam proses menulis teks eksposisi dibagi menjadi beberapa cara yang bisa diterapkan. Berikut cara yang bisa digunakan sebagai langkah membuat teks eksposisi:

  • Menentukan topik
    Langkah awal ini tentu memiliki tujuan untuk hal yang memerlukan pemecahan masalah atau sesuatu yang mengandung problematika di masyarakat. Hal itu mungkin berkenaan dengan masalah sosial, budaya, pendidikan, agama, bahas, sastra, bahkan politik.
  • Mengumpulkan data secara lengkap
    Mengumpulkan bahan dan data untuk memperkuat argument, baik dengan membaca surat kabar majalah buku ataupun internet. Data itu dapat diperoleh melalui pengamatan ke lapangan atau dengan melakukan wawancara. Misalnya, untuk menulis teks bertopik kehidupan anak-anak jalanan. Kita harus:
    1. Membaca buku, artikel, atau berita tentang kondisi dan karakteristik anak-anak jalanan
    2. Mengobservasi atau penelitian terhadap perilaku anak-anak jalanan
    3. Melakukan wawancara dengan pihak pemerintah , warga masyarakat ,dan bahkan dengan para anak jalanan itu sendiri titik.
  • Membuat kerangka tulisan
    Dalam membuat kerangka tulisan, harus berkenaan dengan topik yang akan kita tulis, mencakup tesis, argumen, komandan penegasan atau kesimpulan. Rangkai ini penting agar tulisan kita itu tersusun secara lebih sistematis, lengkap, dan tidak tumpang tindih.
  • Mengembangkan tulisan
    Pengembangan sesuai dengan kerangka yang telah kita buat. Argumentasi dan fakta yang telah dikumpulkan,kita masuk ke dalam tulisan itu secara pada sehingga teks itu bisa meyakinkan khalayak.

Nah Greaters, itu tadi pembahasan tentang teks eksposisi yang masuk ke dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga bermanfat!

Baca juga Mengenal Tenun Ikat Sumba yang Merupakan Bagian Budaya Sumba