Hai sobat Greaters, setelah sebelumnya kita belajar tentang reading dan writing. Hari ini kita akan mempelajari tentang materi speaking dalam bahasa Inggris. Pernah berpikir kalau kemampuan speaking dalam bahasa Inggris hanya dimiliki oleh mereka yang jenius? Sebenarnya tidak juga lho, Greaters! Kemampuan speaking dalam bahasa Inggris sebenarnya dapat dimiliki oleh semua orang. Hanya saja memang dibutuhkan cara belajar yang berbeda, Daripada penasaran mari kita mulai membahasnya. Berikut penjelasannya.

Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris

Belajar speaking berbahasa Inggris memang sangat penting. Bahkan hampir setiap orang ingin bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tak jarang banyak orang kursus berbicara Inggris. Ketika kamu sudah fasih berbicara dalam bahasa Inggris, berkomunikasi di ruang publik semakin mudah. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris menjadi bahasa yang harus dikuasai. Berikut adalah tips belajar speaking bahasa Inggris.

1. Jangan terlalu banyak mempelajari grammar

Sebenarnya kamu tak perlu menunggu penguasaan grammar yang cukup bagus untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Ketika kamu terlalu terpaku dengan grammar maka kamu akan semakin bingung. Grammar jangan kamu jadikan sebagai alasan untuk menunda berbicara menggunakan bahasa Inggris. Kamu akan bisa mahir berbicara menggunakan bahasa Inggris ketika kamu sering keluar dan berkomunikasi dengan orang lain. Semakin sering berbicara menggunakan bahasa Inggris secara otomatis akan membuatmu semakin mahir dan menguasainya.

2. Kamu harus mempelajari phrase

Sumber : Thoughtco.com

Menguasai kosakata bahasa Inggris memang sangat penting tetapi itu saja juga tidak menjamin kamu bisa membentuk kalimat dengan kosa kata yang sudah kuasai. Sering kali dalam membuat suatu kalimat yang kurang tepat, disebabkan oleh kurang mempelajari suatu phrase. Ketika kamu mempelajari tentang phrase maka kamu akan mengetahui secara pasti dari kosakata yang dipelajari. 

3. Berbicara dari apa yang kamu baca dan dengar

Reading, writing dan juga speaking adalah aspek yang sangat penting dari suatu bahasa. Tak terkecuali dalam bahasa Inggris. Namun speaking adalah syarat untuk menjadi fasih berbahasa Inggris. Untuk itu, kamu jangan hanya belajar reading dan writing saja tetapi juga harus praktek berbicara menggunakan bahasa Inggris sesering mungkin. Namun, di sekolah yang menjadi fokus utama adalah reading dan juga writing karena bertujuan untuk bisa mengerjakan suatu soal bahasa Inggris. 

4. Berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris

Kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris tidaklah berkaitan bahwa kamu adalah orang yang pintar. Karena siapapun itu bisa belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris. Sering kali kita kagum dengan orang yang sangat fasih berbicara menggunakan bahasa Inggris karena belajar di sekolah berbahasa Inggris. Ini berarti bahwa bisa lancar berbicara bahasa Inggris bukan karena belajar di sekolah tetapi karena berada di lingkungan yang semuanya berbicara menggunakan bahasa Inggris. 

Sebenarnya kamu bisa fasih berbicara bahasa Inggris hanya dengan menciptakan lingkungan bahasa Inggris yang sangat kondusif. Contoh sederhananya membuat aturan dengan teman-teman dan keluarga agar selalu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Cara ini bisa diterapkan agar kamu lebih cepat penguasaan berbicara dalam bahasa Inggris.

Manfaat Belajar Speaking Bahasa Inggris

Ada banyak manfaat yang akan kamu peroleh ketika fasih berbahasa inggris. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Menambah pengetahuan


Sumber : Tinyrayofsunshine.com

Ketika kamu menguasai bahasa Inggris maka akan menambah pengetahuan yang kamu miliki. Jurnal dan berita berbahasa Inggris akan mudah dipahami dan dibicarakan ulang di depan publik. Selain itu juga banyak kosa kata baru yang dipahami.


2. Mudah berkomunikasi dengan orang lain

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dimana setiap manusia di muka bumi diharapkan bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris. Ketika kamu berada di suatu tempat dan bertemu dengan orang asing maka kamu tetap bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 

3 . Membuatmu kelihatan keren

Sumber : Daily.jstor.org

Sebagai orang Indonesia yang sering menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-harinya. Maka ketika kamu fasih berbicara menggunakan bahasa Inggris maka kamu akan kelihatan sangat keren.

Sebenarnya, belajar speaking dalam bahasa Inggris sangat mudah. Meski tidak memiliki kemampuan mengingat yang baik, speaking dalam bahasa Inggris masih bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Meski begitu, ada perbedaan dari segi waktu dalam belajar. Namun bukan berarti tidak bisa belajar cepat, semua orang terlahir pasti memiliki kelebihan. Jadi, tetap percaya diri saja ya Greaters. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar utama : Fearlesspresentations.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Tips Belajar Asyik Materi Writing Bahasa Inggris