Halo Greaters! Pernahkah kamu mendengar kata demografi? Demografi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai dinamika kependudukan suatu negara. Jika kamu pernah melihat sensus penduduk, disitulah ilmu demografi dipratekkan, Greaters! Dalam demografi dipelajari mengenai komposisi penduduk, dari segi umur, jenis kelamin, sampai penghasilan mereka. Demografi ini mencakup ukuran, struktur, serta distribusi penduduk.

Demografi juga membahas soal bagaimana penduduk akan berubah setiap waktu, karena dinamika kehidupan manusia, mulai dari kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk atau migrasi. Dari sini, pembuat kebijakan akan bisa melihat gambaran kehidupan masyarakat, sehingga bisa memutuskan suatu kebijakan yang tepat. Bagaimana, tertarik untuk mempelajari ilmu ini? Artikel ini akan menemanimu.


Sumber : Radioidola

Sebelum membahas lebih jauh soal demografi, mari kita pelajari dulu mengenai asal kata demografi. Demografi berasal dari Bahasa Yunani. Kata demografi berasal dari dua kata, yaitu demos yang artinya rakyat, dan graphien yang berarti gambaran. Jadi, secara bahasa kamu bisa mengartikan demografi menjadi gambaran mengenai rakyat atau penduduk. Istilah demografi sendiri, pertama kali dikemukakan oleh Archille Guillard pada tahun 1855. Ia mengemukakan istilah ini dalam karyanya yang berjudul “Elements de Statistic Humaine, ou Demographie Compare”.

Sebagai ilmu yang mempelajari mengenai dinamika kependudukan, Greaters, demografi memiliki bidang kajiannya sendiri. Meskipun jelas bahwa demografi mempelajari dinamika kependudukan, tapi demografi tidak hanya berhenti sampai di sana saja ya Greaters! Demografi juga mencari tahu bagaimana dinamika tersebut muncul, juga apa saja dampaknya. Jadi, misalnya pada suatu negara terjadi krisis tenaga kerja, maka demografi akan melihat faktor – faktor penyebabnya. Jika ternyata faktor penyebab yang ditemukan adalah sedikitnya jumlah penduduk usia muda dibandingkan penduduk usia tua, maka ilmu demografi akan memberikan solusi dari sudut pandang demografi sebagai jalan keluar atas masalah tersebut. Begitu, Greaters!

Mempelajari demografi ini susah-susah gampang, Greaters! Kenapa? Karena, berbeda dengan ilmu yang lain, ilmu ini tidak hanya berbicara soal sosial saja, tapi kamu juga akan belajar juga soal hitungan, alias matematika, terutama statistika. Statistika ini dipakai untuk menghitung jumlah penduduk, dan perbandingan-perbandingannya. Tapi, jangan jadi tak bersemangat untuk belajar demografi  ketika mendengarnya, ya! Sebab, demografi ini ilmu yang penting sekali dalam sebuah negara, jadi pasti berguna, Greaters!


Sumber : Unisinos

Beberapa manfaat penting dari ilmu ini adalah :

  • Mempelajari tentang kuantitas, komposisi, serta distribusi penduduk dan perubahannya.
  • Menjelaskan pertumbuhan penduduk di masa lampai dan memperkirakan pertumbuhan penduduk pada masa depan.
  • Mengembangkan hubungan sebab akibat antara pertumbuhan penduduk dengan aspek-aspek pembangunan, sosial, politik, ekonomi dan budaya.
  • Yang terakhir, karena bisa memperkirakan pertumbuhan di masa depan ilmu juga bisa untuk menyiapkan kemungkinan konsekuensi dari pertumbuhan yang terjadi di masa depan.

Intinya, ilmu ini berguna untuk mengetahui masa lalu, menyiapkan hari ini dan hari esok. Dalam demografi, ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi demografi, Greaters! Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah struktur umur, struktur perkawinan, umur kawin pertama, paritas atau kelahiran hidup, disrupsi perkawinan atau gangguan dalam rumah tangga, serta yang terakhir adalah proporsi yang kawin. Faktor-faktor tadi bisa dilihat melalui data yang dikumpulkan dengan metode langsung ata data yang dikumpulkan dengan metode tidak langsung.

Demiakanlah, Greaters, sedikit bahasan soal demografi. Ilmu soal penduduk ini ternyata punya banyak manfaat ya dalam kelangsungan kehidupan kita. Selamat belajar!

Sumber gambar utama : Konfrontasi.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Mengenal Si Makhluk Mungil Virus