Hai, Greaters! Apa kabar? Semoga sehat dan selalu di dalam lindungan Allah S.W.T, ya! Amin. Apakah sebentar lagi kamu akan diwisuda Strata 1 alias S1? Ingin melanjutkan kuliah S2, tetapi tidak ada biaya? Eits, tenang dulu, Greaters, kita masih mempunyai banyak cara dalam meraih impian. Apalagi kamu ingin merasakan kuliah di luar negeri. Tentu saja semuanya bisa terwujud. Selagi ada kemauan yang keras, di situ akan ada jalan. Nah, salah satunya dengan program beasiswa Eric Bleumink Fund di University of Groningen. Sebelum membahas lebih lanjut tentang beasiswa, mari sedikit mengenal tentang University of Groningen.

Salah satu universitas tertua dan terbesar di Belanda adalah University of Groningen yang memiliki reputasi internasional sebagai universitas riset terkemuka. Didirikan pada tahun 1614, yang terdiri dari sembilan fakultas, yaitu: Faculty of Economics and Business, Faculty of Behavioural and Social Sciences, Faculty of Theology and Religious Studies, Faculty of Arts, Faculty of Medical Sciences, Faculty of Law, Faculty of Spatial Sciences, Faculty of Philosophy, and Faculty of Science and Engineering.

University of Groningen, menawarkan program Sarjana, Master dan PhD di hampir semua bidang ilmu yang diajarkan di dalam bahasa Belanda dan banyak pula yang diajarkan dalam bahasa Inggris sepenuhnya. Asal kamu tahu, berbagai macam program yang ditawarkan pada universitas ini telah diakreditasi oleh Pemerintah Belanda dan diakui secara internasional lho! Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut, bisa langsung berkunjung ke website resminya, yaitu: https://www.rug.nl/.

Beasiswa Eric Bleumink Fund


Sumber : RuG

Beasiswa ini merupakan peluang untuk mahasiswa berbakat dari berbagai negara berkembang yang memungkinkan mereka untuk berkembang lebih lanjut sebagai individu, serta mampu memberikan kontribusi penting bagi pengembangan untuk negara mereka sendiri.

EBF dimulai sejak tahun 2000, yang membantu lebih dari tujuh puluh mahasiswa. Di sini, mereka diperkenalkan dengan budaya akademik, perpustakaan, dan kontak internasional yang sering kali tidak dimiliki di tanah air mereka. Memang, kuota penerimaan beasiswa ini hanya puluhan, dibanding dengan pendaftarnya yang sangat banyak setiap tahunnya. Namun, bukan berarti memupuskan harapanmu karena sejatinya setiap beasiswa terdiri dari banyak sekali saingan dan sedikit peluang. Harapan sedikit itulah yang harus kita perbesar. Tidak ada yang tidak mungkin, kamu jangan sampai minder apalagi berputus asa. Tetaplah bersemangat dan teguhkan pendirian. Siapa tahu ini rezekimu.

EBF diberikan untuk program master satu tahun atau dua tahun. Beasiswa ini, terdiri dari: biaya sekolah, biaya perjalanan internasional, subsistensi, buku, dan asuransi kesehatan. Jadi, apa saja persyaratan umumnya?

Persyaratan Umum

  1. Telah memperoleh penerimaan bersyarat ke program pilihan (lihat:www.rug.nl/masters/alphabetical )
  2. Memiliki kinerja akademik yang luar biasa, lebih bagus jika dikonfirmasi dengan surat rekomendasi
  3. Memiliki nilai bagus selama studi sarjana/sarjana
  4. Memiliki kemahiran berbahasa Inggris yang sangat baik, sesuai dengan persyaratan penerimaan program pilihan
  5. Tersedia untuk seluruh periode program dan dapat mengambil bagian dalam seluruh program
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Tidak sedang menerima beasiswa lain.

Prosedur Pendaftaran

Greaters, kamu hanya perlu mendaftar pada program studi yang dipilih. Ketika kamu memenuhi syarat, maka secara otomatis kamu akan dipertimbangkan untuk mendapatkan Beasiswa Eric Bleumink Fund ini. Dan kamu akan diinformasikan langsung jika kamu masuk nominasi. Informasi lebih lengkap mengenai ini bisa kamu temukan melalui situs resmi University of Groningen. Periode pendaftaran paling akhir 30 November 2019.

Nah, itulah sedikit informasi tentang beasiswa S2 di University of Groningen. Selamat berjuang, Greaters! Semoga sukses!

Sumber gambar utamaRuG
Penulis : Three Rahmadona

Baca juga Pendidikan Moral di Era Milenial