Program Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren merupakan upaya implementasi atas misi dan tujuan Universitas Islam Indonesia (UII) yang secara spesifik bertujuan untuk memberikan bekal kepada kader-kader pemimpin umat di masa yang akan datang, yang siap konsep dan siap praktik serta memantapkan dan memadukan antara agama, sains dan teknologi.

Penerimaan santri Baru Pondok Pesantren UII terdapat dua model rekrutmen, model pertama diperuntukkan bagi mahasiswa baru UII, dan model kedua diperuntukan bagi mahasiswa UII yang telah menempuh perkuliahan 2 (dua) semester pertama. Program Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII ditujukan bagi mahasiswa pada program sarjana semua fakultas di UII.


Komponen Beasiswa
Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi yang berasal selain dari Fakultas Kedokteran akan mendapatkan beasiswa berupa:

1.    Pembebasan dari pembayaran uang kuliah, dana Catur Darma Perguruan Tinggi dan pembayaran lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas;

2.    Pembebasan biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren; dan

3.    Menempati Pondok Pesantren dan menggunakan fasilitas yang diperuntukkan bagi santri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pondok Pesantren.


Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi yang berasal dari Fakultas Kedokteran akan mendapatkan beasiswa berupa:

1.    Pembebasan biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren

2.    Menempati Pondok Pesantren dan mempergunakan fasilitas yang diperuntukkan bagi santri sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pondok Pesantren.

 

Persyaratan Umum

Pendaftar harus menyerahkan:

1.    SK Rektor yang menunjukkan bahwa pendaftar telah diterima dari salah satu jalur seleksi baik melalui CBT, PBT, PSB maupun PHA.

2.    Formulir pendaftaran sebagi Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII yang telah diisi.

3.    Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi SMA/SMK/MA atau sederajat.

4.    Fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi, sesuai dengan syarat pada masing-masing tipe.

5.    TOEFL/TOAFL dengan skor minimal sesuai dengan persyaratan.

6.    Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang telah dilegalisasi.

7.    Mempunyai prestasi lain dan aktif berorganisasi dibuktikan dengan piagam, surat keterangan yang terkait.

8.    Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pesantren setempat yang menunjukkan calon berakhlak baik dan aktif beribadah.

9.    Fotokopi akta kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun pada saat mendaftar.

10.  Surat keterangan sehat dari dokter.

11.  Menyerahka tulisan esai tentang “Sukses terbesar dalm hidupku” dan esai tentang “Peranku untuk agama dana masyarakat”.

 

Persyaratan Khusus


  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOAFL atau TOEFL dengan skor miniman 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan Sertifikat TOAFL/TOEFL skor minimal 450.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 (delapan koma lima) atau setara 3,40 (tiga koma empat nol – Kurikulum 2013) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.

 

Tempat & Jadwal Seleksi


Ujian Masuk Pesantren (yang meliputi: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Psikotes dan Ke-pesantren-an) dilaksanakan di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang Km. 14,5 Sleman, Yogyakarta.

 

Kontak Informasi & Pendaftaran


Pendaftar membawa semua dokumen persyaratan umum dan khusus ke Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi – Lantai 1) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang Km. 14,5 Sleman, Yogyakarta.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak pengelola Pondok Pesantren UII dinomor 0812 2582 480 (Bapak Suyanto).

 Kontak: 

Gedung GBPH Prabuningrat
Kampus Terpadu UII
Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman
Yogyakarta 55584

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Sumber: https://indbeasiswa.com

Gambar: Kaledranews.com