Baran Energy, Terobosan Baru StartUp Energi Rintisan Anak Indonesia. Kemajuan teknologi telah mendukung perkembangan di berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali kehidupan kita Greaters. Kemajuan ini pula yang memunculkan figur-figur penemu baru seperti Victor Wirawan. Ia merupakan anak muda yang tinggal di Jakarta yang belakangan tengah giat mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan adanya penggunaan listrik dengan biaya sangat murah, bahkan bisa gratis.

Dilansir dari Antara, Victor mengaku tengah mengembangkan teknologi di bidang energi terbarukan. “Pada dasarnya mengembangkan teknologi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Langkah Victor bersama beberapa rekannya dalam mengembangkan teknologi adalah dengan mendirikan Baran Energy sebagai wadah untuk mengedukasi masyarakat mengenai keunggulan inovasi energi yang tengah ia kerjakan. Inovasi dari Baran Energy ini merupakan teknologi Power Storage, di mana nantinya teknologi ini diklaim Victor dapat menampung energi listrik dari berbagai sumber, mulai dari matahari, air, hingga angin.

Beban penyediaan listrik bagi masyarakat selalu menjadi topik yang hangat dibicarakan dari tahun ke tahun, hal inilah yang menjadi dasar Victor bersama rekan-rekannya dalam mengembangkan produk revolusioner agar setiap masyarakat nantinya tidak perlu lagi terbebani dengan hal tersebut. Ia juga meyakini bahwa penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan masyarakat jika sudah siap di pasarkan.

"Dengan teknologi ini, maka sama saja pengguna bayar listrik 5 tahun, tetapi selanjutnya bebas biaya selama 15 tahun,” kata Victor lagi.

Adapun teknologi yang tengah dikembangkan tersebut adalah perangkat PowerWall berkapasitas 8.8 KWh, PowerPack 126 KWh dan PowerCube 1.2 MWh. Kehadiran teknologi dari Baran Energy ini juga dikatakan Victor merupakan cara baru mengonsumsi energi tanpa fosil, dengan biaya yang lebih terjangkau. Tetapi, efek jangka panjanganya adalah penghematan biaya listrik yang sangat signifikan, dan lebih ramah lingkungan. Teknologi ini dapat diaplikasikan pada rumah tinggal, pabrik, real estate, perkebunan, pertambangan hingga industri dalam skala besar.

Victor yakin bahwa apa yang ia kerjakan lewat Baran Energy ini dapat menjadi salah satu start up dengan lebih banyak anak Indonesia yang kreatif dan inovatif. Ia juga berharap bahwa Baran Energy dapat menjadi start up Unicorn kelima yang dimiliki oleh Indonesia. "Indonesia saat ini, berdasarkan beberapa riset yang disebut Presiden Jokowi, memiliki empat unicorn. Empat unicorn tersebut adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak. Kami berharap mengisi yang kelima," ujar Victor optimistis.

Jadi Greaters, semakin banyak pemuda-pemudi Indonesia kreatif dan menghasilkan berbagai macam prestasi yang tentunya memajukan Indonesia.

Sumber gambar : Antara
Penulis : Lajovi Pratama

Baca juga Giatkan Minat Baca, Kurnia Astuti Sulap Gerobak Jadi Perpustakaan Keliling