Hai Greaters! Kali ini kita akan membahas tentang Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sudah sejak dahulu menjadi bahasa internasional di dunia dengan penutur yang berada di berbagai belahan dunia. Dengan dijadikannya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dan relasi antarnegara pada zaman dahulu yang terus berjalan hingga sekarang.

Sumber : www.hipwee.com

Keberadaan Bahasa Inggris saat ini menjadi tuntutan bagi kita untuk bisa memahami bahasa tersebut sehingga dalam pendidikan dasar di Indonesia bahkan pada masa taman kanak-kanak telah diterapkan pembelajaran Bahasa Inggris ini. Hal tersebut dilakukan dengan harapan bahwa kita bangsa Indonesia mampu bersaing dengan dunia luar pada masa mendatang.

Di kalangan pendidikan saat ini, telah banyak lembaga atau institusi pendidikan yang menerapkan penggunaan Bahasa Inggris dalam pembelajarannya. Terkadang di sekolah-sekolah menengah diadakan kelas khusus atau kelas bilingual untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris siswa. Hal ini artinya pada setiap mata pelajaran yang sedang berlangsung, seorang guru menjelaskan materinya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan diterapkannya pembelajaran semacam ini terdapat beberapa manfaat dan dampak positif, diantaranya :

  1. Memudahkan dan membiasakan dalam berkomunikasi dengan pihak luar dan menambah wawasan melalui pertukaran budaya satu sama lain.
  2. Memudahkan dalam menambah ilmu pengetahuan terlebih pada zaman sekarang yang menuntut kita dengan adanya berbagai teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Mengetahui lebih dari satu bahasa, yaitu bahasa ibu dan Bahasa Inggris yang mana kita tau kapan menggunakannya dan dengan siapa berbahasa.
  4. Menguntungkan dalam berbagai kegiatan terlebih yang bersifat internasional.
  5. Melatih dan mengasah daya pikir seseorang.

Hal-hal di atas merupakan beberapa keuntungan apabila dalam pendidikan di Indonesia menerapakan pembelajaran seperti itu, namun dengan adanya hal tersebut juga akan memicu dampak negatif terhadap kehidupan bangsa. Diantara dampak negatif yang disebabkan oleh hal tersebut yaitu :

  1. Terjadinya pergeseran kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi bangsa Indonesia.
  2. Berkurangnya rasa nasionalisme dan kebanggaan terhadap bangsa sendiri sehingga hilang akan identitas diri yang sebenarnya.
  3. Penggunaan bahasa indonesia yang tidak terstruktur dengan baik dan benar karena kebiasaan berbahasa asing.
  4. Lunturnya kebanggaan terhadap budaya sendiri.

Nah Greaters! Dengan berbagai dampak-dampak tersebut, maka alangkah baiknya kita bijak dalam berbuat sesuatu. Boleh saja kita pandai berbahasa asing, namun jangan lupa terhadap bahasa sendiri. Pastilah adanya suatu hal akan berdampak baik positif maupun negatif, tinggal bagaimana kita menyikapi hal tersebut. Oleh karena itu, kemampuan Bahasa Inggris penting dalam kehidupan namun tidak untuk melupakan bahasa bangsa kita. Tetaplah buka jendela dunia dan memperluas wawasan melalui kemampuan Bahasa Inggris ini tanpa melupakan jati diri kita yang sebenarnya.

Baca juga Mengintip Sistem Pendidikan di Dua Negara Maju