Greaters, tahukah kamu jika selama ini kita mengenal persamaan Newton mengenai Gravitasi berdasarkan peristiwa buah Apel yang jatuh dari tangkainya? Lalu, apakah peristiwa Apel jatuh hanya berlaku di bumi saja atau juga berlaku secara universal? Nah untuk mengetahui dan menjawab rasa penasaran itu mari kita bahas.

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah benar. Hukum gravitasi Newton berlaku secara universal melalui pernyataan bahwa gaya gravitasi tidak hanya berlaku di bumi, tetapi pada keseluruhan jagat alam raya. Namun, nilai konstanta gravitasi antara suatu lokasi dengan lokasinya tidak lah sama. Gaya gravitasi di bumi lebih besar dibandingkan dengan gaya gravitasi di luar angkasa, begitupun di lokasi-lokasi lainnya.

Seluruh benda saling menarik satu sama lain dengan adanya gaya tarik gravitasi. Gaya tarik gravitasi ini secara langsung tergantung pada massa kedua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak yang memisahkan pusat-pusat benda. Kesimpulan Newton mengenai besarnya gaya gravitasi dirangkum secara simbolis melalui persamaan berikut:

Tidak-Hanya-Planet-Partikel-Atom-pun-Punya-Gaya-Serupa-Gravitasi7


  • Gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa kedua benda yang berinteraksi, maka benda memiliki massa l
  • Karena gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa kedua benda yang berinteraksi, maka benda yang memiliki massa lebih besar akan menarik benda yang memiliki massa lebih kecil dengan gaya gravitasi yang lebih besar.

Jadi, ketika massa kedua benda meningkat, gaya tarik gravitasi di antara kedua benda juga meningkat. Jika massa salah satu benda digandakan, maka gaya gravitasi di antara benda itu akan berlipat ganda. Jika massa salah satu benda itu tiga kali lipat, maka gaya gravitasi di antara mereka juga tiga kali lipat. Jika massa kedua benda tersebut berlipat dua, maka gaya gravitasi di antara mereka adalah empat kali lipat; dan seterusnya.

Pernyataan mengenai Gaya Gravitasi universal dikenal dengan “The Greater The Distance The Lesser The Force of Attraction

Gaya gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua benda yang berinteraksi, jarak pemisahan yang lebih besar akan menghasilkan gaya gravitasi yang lebih lemah. Jadi karena dua benda dipisahkan satu sama lain, gaya tarik gravitasi di antara keduanya juga berkurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar jarak antara dua benda bermassa, maka semakin kecil gaya gravitasi yang dimiliki oleh masing-masing benda.

Sampai di sini, apakah kamu sudah paham mengenai gaya gravitasi menurut Hukum Newton, Greaters? Semoga bermanfaat.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal Mekanisme Perpindahan Kalor, Fisika Kelas 11