Alat peredaran darah terdiri dari jantung dan pembuluh darah.



Jantung


Jantung merupakan alat peredaran darah yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada agak sebelah kiri. Jantung orang dewasa berukuran lebih kurang sekepalan tangan.

Apakah yang dapat menunjukkan jantungmu bekerja? Untuk menunjukkannya, cobalah kamu raba dadamu di sebelah kiri. Apa yang kamu rasakan? Pada saat kamu meraba dadamu sebelah kiri, tentunya kamu merasakan detak jantungmu. Hal itu terjadi karena jantung sedang memompa darah.

Jantung terdiri atas empat ruang yang Setiap ruang dari jantung memiliki fungsi yang berbeda, yaitu :

  1. Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah dari seluruh tubuh.
  2. Serambi kiri berfungsi untuk menerima darah dari paru – paru.
  3. Bilik kanan berfungsi untuk memompa darah ke paru-paru.
  4. Bilik kiri berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Sebagai alat pemompa darah, jantung mempunyai otot-otot yang kuat. Dinding jantung bagian bilik mempunyai otot yang lebih tebal daripada dinding jantung bagian serambi. Mengapa demikian? Hal ini karena dinding jantung bagian bilik mempunyai tugas yang lebih berat, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.

Di antara serambi dan bilik terdapat katup jantung yang disebut dengan valvula. Katup jantung berfungsi untuk mencegah darah dari bilik tercampur dengan darah dari serambi. Katup-katup tersebut membuka dan menutup seirama dengan denyutan jantung. Pada saat berdenyut, otot-otot jantung mengalami kontraksi dan relaksasi. Pada waktu berkontraksi, jantung menguncup, Sedangkan pada waktu berelaksasi, jantung mengembang.

Pembuluh Darah

Darah mengalir ke seluruh tubuh melewati saluran-saluran yang disebut pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya. Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

1. Pembuluh Nadi (Arteri)

Pembuluh nadi adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung. Pembuluh nadi bersifat tebal, elastis, dan memiliki sebuah katup tepat di luar jantung. Pembuluh nadi terletak di dalam tubuh. Namun, ada beberapa yang terletak di permukaan tubuh, sehingga dapat dirasakan denyutnya.

Pembuluh nadi dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi besar (aorta) dan pembuluh nadi paru-paru.

Pembuluh Nadi Besar (Aorta)Pembuluh nadi besar merupakan pembuluh nadi yang dilewati darah yang ke luar dari bilik kiri jantung menuju ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi besar bercabang-cabang membentuk pembuluh yang lebih kecil disebut arteri. Arteri bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh darah yang lebih kecil disebut arteriol.

Pembuluh Nadi Paru-paru. Pembuluh nadi paru-paru adalah pembuluh darah yang dilewati darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru.

2. Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh balik adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung. Pembuluh balik lebih tipis daripada pembuluh nadi dan tidak elastis. Tekanan pembuluh balik lebih lemah, sehingga pada pembuluh balik tidak terasa denyutannya. Pembuluh balik terletak di permukaan tubuh dan warnanya tampak kebiru-biruan. Pembuluh nadi terbesar disebut vena kava. Pembuluh nadi dan pembuluh balik dihubungkan langsung dengan sel-sel tubuh oleh pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus dan berdinding tipis.

 

Referensi :

Buku IPA Kelas V Penerbit Arilangga

 

Penulis : Moh. Hisyam