Masa-masa sekolah atau kuliah merupakan masa kita untuk mencari ilmu dan mencari banyak pengalaman yang berharga. Apa yang kita dapat saat bersekolah akan menjadikan kita seseorang yang bermanfaat kelak. Baik itu untuk kehidupan dunia dan akhirat hingga membuat bangga kedua orang tua.

Selain mencari ilmu untuk bekal kita di masa mendatang, demi mengejar apa yang dicita-citakan selama ini, menjalin relasi atau hubungan juga merupakan hal penting saat berada di sekolah atau kuliah. Hal ini yang mendasari kamu untuk mengikuti organisasi di sekolah untuk bisa belajar berorganisasi.

Nah greaters, ada banyak keuntungan ketika kita bisa mengikuti sebuah organisasi baik di sekolah atau kampus yang tentu sifatnya positif. Berikut 7 manfaat mengikuti organisasi di sekolah dan kampus :

1. Melatih Kemampuan Diri untuk Bertanggung Jawab


Sumber : Berita Transparansi

Berada dalam sebuah organisasi merupakan langkah kamu untuk belajar yang Namanya rasa tanggung jawab. Materi dasar, pekerjaan, hingga kepemimpinan merupakan bagian dari ilmu yang akan kamu pelajari di suatu organisasi. Kamu juga akan belajar yang namanya bertanggung jawab dan menyelesaikan tugas tertentu, baik sendiri maupun dibantu anggota lainnya. Sikap bertanggung jawab ini nantinya bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan yang sesungguhnya.

2. Memperluas Relasi dan Pertemanan


Sumber : Entrepreneurcamp

Semakin kita aktif dalam sebuah organisasi atau banyak mengikuti organisasi, maka sejalan dengan bertemunya orang-orang baru yang bisa dijadikan relasi. Ditambah event-event yang sering diadakan kampus atau sekolah, bisa mempertemukan kamu dengan kenalan baru di luar sana.

3. Melatih Kemampuan Berkomunikasi dan Kritis


Sumber : Berita SMK

Dalam sebuah organisasi, jika terjadi suatu permasalahan biasanya diselesaikan secara Bersama-sama dengan menampung saran dan kritik oleh para anggotanya. Nah, hal inilah yang menjadikan kamu harus kritis dan berkomunikasi secara lancara dalam mengutarakan apa yang kamu resahkan hingga masukan-masukan penting demi memajukan organisasi tersebut.

4. Memperluas Wawasan


Sumber : Wikihow

Sebuah organisasi biasanya memiliki orang-orang yang kritis dan memiliki wawasan luas dalam membagikan ide yang ingin mereka sampaikan demi memajukan organisasi tersebut. Nah, kamu bisa belajar dan mendengarkan banyak ilmu-ilmu yang diutarakan.

5. Memperluas pengalaman



Sumber : Cerpin

Pengalaman didapat apabila kita mencari, maka dari itu dengan berorganisasi hidup kita tidak akan selalu dalam satu ruang. Melainkan kita pergi ke ruang selanjutnya.

Baca juga 6 Cara Menghadapi Situasi ketika Salah Memilih Jurusan Kuliah

6. Mengasah berbagai Kemampuan


Sumber : Grid ID

Berada di dalam sebuah organisasi, baik di sekolah maupun kampus akan bermanfaat untuk mengasah berbagai kemampuan siswa. Misalnya kemampuan berbicara di depan umum, berkomunikasi, bersosialisasi, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ikut organisasi juga akan meningkatkan keterampilan siswa dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dan membentuk pola pikir positif.

7. Mudah Dikenal


Sumber : Sipayo

Mengikuti sebuah organisasi akan membuat kamu biasanya dikenal di banyak lingkungan. Momen ini tentu bisa dijadikan cara yang mudah menjalin relasi karena kamu dikenal.

Nah Greaters, hal inilah mengapa sebaiknya kamu aktif mengikuti organisasi baik di sekolah atau kampus. Demi mendapatkan banyak kemudahan ketika kamu mencari pekerjaan dengan pengalaman selama berorganisasi.

Sumber :
1. Dwiharianto, Iqbal. 5 Manfaat Organisasi di Sekolah. Kumparan. 30- Maret 2019. https://kumparan.com/@millennial/5-manfaat-mengikuti-organisasi-di-sekolah
2. Sumber gambar 1 : Max Monroe

Penulis : Indri Stamou