Halo Greaters, kali ini kita akan membahas materi kerajaan-kerajaan hindu budha di Indonesia. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

1. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan bahari yang terbesar dan pernah dibangun di Pulau Sumatera. Bukan hanya itu, kerjaaan ini pun mempunyai pengaruh yang sangat besar pada Nusantara karena mempunyai daerah kekuasaan yang sangat luas. Jika dipandang dari peta kekuasaan, Kerajaan Sriwijaya diawali dari Kamboja, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa Barat sampai ke Jawa Tengah. Menurut bahasa Sanserkerta, Kerajaan Sriwijaya ini mempunyai makna cahaya atau gemilang dan kejayaan serta kemenangan. Jika diteliti maka, memiliki makna kemenangan yang gemilang.

2. Kerajaan Singosari

Kerajaan Singosari atau sering kali sejumlah orang menulis dengan ejaan "Singasari" atau ada pula yang "Singosari" ialah salah satu kerajaan yang berada di wilayah Jawa Timur dan dibangun oleh Ken Arok. Untuk lokasi kerajaan ini sendiri diperhitungkan sangat dekat dengan kawasan Singosari, Malang. Kebanyakan dari rakyat singosari dalam masa kerajaan ini ialah Siwa Budha atau Hindu Budha dengan Kejawen serta Animisme.

3. Kerajaan Majapahit

Sumber : Wallbee.us

Kerajaan Majapahit sendiri ialah salah kerajaan Hindu Budha terakhir yang bisa menguasai/memimpin Nusantara. Tidak hanya itu, kerajaan ini juga dipandang sebagai salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di dalam catatan sejarah Indonesia. Menurut Negarakertagama, kekuasan dari Kerajaan Majapahit ini diawali dari Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan dan hingga ke Indonesia timur. Meskipun sebetulnya kekuasaanya di wilayah timur masih mengalami perdebatkan.

4. Kerajaan Pajajaran atau Sunda Galuh

Kerajaan Pajajaran merupakan salah kerajaan-kerajaan hindu budha di Indonesia yang berada di Pulau Jawa  tepatnya di kawasan Sungai Citarum dan ada di bagian baratnya. Lokasinya pun sangat dengat dengan Sungai ci serayu serta bagian timur dari Cipamall. Kerajaan ini merupakan kerajaan penerus dari kerajaan Kendan di mana bawahan dari Kerajaan Tarumanegara.

5. Kerajaan Kediri

Sumber : Ulinulin.com

Ada beberapa orang yang menjelaskan jika Kediri merupakan kerajaan Kadiri atau ada pula yang menamainya dengan sebutan Panjalu. Ini merupakan salah satu kerajaan yang berada di Jawa Timur dan telah ada sejak abad 10. Sebetulnya, kerajaan ini mempunyai pusat di kota Daha di mana letaknya jika dipandang dekat dengan kisaran Kota Kediri jika kamu melihatnya sekarang ini. Daha sendiri sebetulnya singkatan dari Dahanapura yang memiliki makna sebagai kota api. Nama dari Daha sendiri ada dalam suatu prasasti Pamwatan yang awal kali dikeluarkan tahun 1042 oleh Airlangga.

6. Kerajaan Kalingga atau Holing

Kerajaan Kalingga berdiri kokoh sejak 6 sampai 7 masehi. Kalingga atau sering dijuluki dengan Holing merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu Budha dan berlokasi di Jawa Tengah. Untuk tempat dari pusat kerajaan ini sampai saat ini masih sangat belum jelas. Ada kemungkinan yang menyatakan jika lokasinya ada di Kabupaten Pekalongan dan Jepara sekarang ini. Berita keberadaan Kalingga ini pun bersumber dari dinasti Tang dan catatan dari I-Tsing.

7. Kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Hindu

Sumber : Seputarsemarang.com

Kerajaan mataram kuno atau biasa sering disebut pula dengan nama kerajaan mataram Hindu merupakan nama sebuah kerajaan yang dibangun di Jawa Tengah sejak abad ke 9. Kemudian, kerajaan ini berpindah ke Jawa Timur pada kisaran abad ke 10. Para raja dari kerajaan ini banyak sekali yang meninggalkan bukti sejarah berwujud prasasti dan telah tersebar luas ke Jawa Tengah dan Jawa Timur serta telah dapat mendirikan candi dengan sangat baik bercorak Hindu Budha. Namun, kerajaan ini akhirnya runtuh pada kisaran waktu awal abad ke 11.

Nah, Greaters. Itulah beberapa  kerajaan-kerajaan hindu budha di Indonesia. Mari kita cintai dan lestarikan budaya Indonesia mulai dari langkah awal yakni dengan mengetahui sejarahnya. Jika kamu masih belum memahami secara jelas pembahasan tersebut dan membutuhkan pembimbing yang mampu menjelaskan materi lainnya, GreatPrivat bisa membantumu mewujudkannya. Layanan les privat berbasis aplikasi ini menyediakan pilihan tutor berkualitas dan berpengalaman di berbagai mata pelajaran dengan proses belajar yang menyenangkan. Yuk, pilih tutor les privat sesuai kebutuhanmu di GreatPrivat yang ada di aplikasi GreatEdu. Lebih pintar dengan GreatPrivat!

Sumber gambar utama : Jogjadestination.com
Penulis : Prokonten

Baca juga Belajar Berpikir Diakronis dan Sinkronis dalam Sejarah