Hai Greaters, pekerjaan menjadi guru adalah pekerjaan yang cukup menantang. Apalagi di era milenial seperti ini, di zaman yang serba praktis. Bahkan ada yang sering mengatakan bahwa anak zaman sekarang berbeda dengan anak zaman dulu. Ya, jelas berbeda. Anak zaman sekarang atau anak milenial selalu suka yang praktis-praktis dan berpikiran kritis. Untuk itu, kita sebagai guru juga harus lebih kreatif dalam memberikan ilmu dan mendidik generasi milenial sekarang ini.


Sumber: Shutterstock

Nah, ada sedikit tips bagi kamu yang akan menjadi atau calon guru nih Greaters. Berikut adalah kiat-kiat untuk menjadi guru kreatif dalam memberikan materi di kelas:

  1. Sisipkan Pembukaan Sebelum Belajar dengan Permainan
    Sebelum mulai belajar, sebaiknya guru bisa mengondisikan suasana kelas terlebih dahulu, dengan menyisipkan permainan atau cerita menarik sebelum memulai proses belajar. Pembukaan di sini bertujuan untuk merangsang konsentrasi anak agar fokus dan senang sebelum menerima pelajaran. Hal ini dapat dijadikan bahan mengulas materi pembelajaraan sebelumnya dengan mengaikatkan pelajaran-pelajaran yang sudah diajarkan sebelumnya. Kamu juga harus dapat mencari jenis permainan sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan.
  2. Memahami Teknologi
    Menjadi seorang guru di zaman sekarang, dituntut untuk melek digital. Guru harus paham dengan teknologi saat ini yang juga digunakan sebagai alat bantu dalam memudahkan proses belajar. Mengingat, anak-anak sekarang sudah paham dan serba teknologi dalam aktivitas mereka sehari-hari.
  3. Variasikan Proses Belajar dengan Menggunakan Media atau Alat
    Menggunakan media dalam membantu proses belajar adalah langkah yang tepat. Guru bisa menggunakan media audio atau visual yang disesuaikan dengan materi pembelajaraan. Misalnya menyajikan materi pembelajaran menggunakan video, powerpoint, gambar, dan menonton film. Bahkan di zaman milenial sekarang ini guru dimudahkan dengan berbagai aplikasi yang dapat membantu guru menyampaikan materi melalui kelas online, salah satunya adalah aplikasi GreateEdu ini. Siswa dipermudah proses belajarnya dan mengerjakan soal-soal hanya dengan melalui smartphone mereka.
  4. Manfaatkan Ruangan Lain untuk Proses Belajar
    Buat suasana belajar yang berbeda dan tidak monoton hanya di kelas saja. Guru dapat mengeksplor lingkungan belajar di sekitar sekolah seperti memanfaatkan lab perpustakaan, halaman sekolah, dan tempat-tempat lainnya yang ada di lingkungan sekolah. Guru juga boleh sesekali mengajak siswa untuk belajar di luar lingkungan sekolah.
  5. Ajarkan Siswa dan Siswi untuk Mulai Berpikir Kritis
    Mengajak siswa dan siswi untuk berpikir kritis bisa menjadi cara yang tepat dalam proses belajar. Di mana siswa-siswi dituntut aktif dan bisa menganalisa suatu permasalahan. Hal ini menjadi tugas guru untuk membuat dan merancang tugas bagi siswa-siswi agar lebih aktif dan kritis misalnya, memberikan tugas projek bersama teman kelompok, membuat video, dan berdiskusi. Jangan hanya mengasah dari segi pengetahuannya saja, namun aspek keterampilan juga penting.
  6. Menjadi Sosok yang Penting bagi Siswa dan Siswi
    Hal ini bisa guru lakukan dengan menjadi orang yang peduli dengan murid-murid seperti teman dan orang tua. Dengan selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta memberikan nasihat dan motivasi yang membangun agar anak lebih giat dalam belajar. Pendidikan sikap dan karakter sangatlah penting, kita sebagai guru tidak dituntut hanya sebagai pengajar saja tapi juga harus dapat mendidik siswa-siswa kita.

Nah Greaters, itulah kiat-kiat untuk menjadi guru kreatif di dalam memberikan materi pembelajaran. Kamu bisa menerapkannya ketika proses belajar mengajar dimulai. Dan jangan pernah menyerah dalam mendidik anak bangsa. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar utama: pendidikan.id

Baca juga Mengonstruksi Teks Ceramah yang Baik, Bahasa Indonesia Kelas XI