Assalamu'alaikum Greaters, memasuki minggu ke-2 di bulan Ramadhan, pastinya kamu masih semangat untuk puasanya kan. Nah Greaters, berbicara tentang bulan Ramadhan, pasti sudah tidak asing lagi dengan adanya Lailatul Qadr. Malam lailatul Qadr adalah malam penuh berkah yang paling dimuliakan Allah dibandingkan dengan malam-malam lainnya karena Allah juga menurunkan Al-Qur'an pada malam tersebut dan Allah memberikan sebutan dengan malam seribu bulan.

Malam lailatul Qadr biasa terjadi pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Hal ini sesuai denga hadits Rasulullah SAW yg berbunyi:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya:

"Carilah malam lailatul Qadr di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan" (HR. Bukhari).

Semua umat muslim pasti tahu keutamaan malam lailatul Qadr, namun tidak banyak yg tahu apa tanda-tanda datangnya malam lailatul Qadr ini. Berikut akan dijelaskan beberapa tanda datangnya malam lailatul Qadr.

1. Terbitnya Matahari

Sumber gambar: Blogumi.ac.id

Pertanda Malam Lailatul Qadr yang pertama adalah saat matahari terbit dengan cahaya yang lembut sejak pagi disertai dengan cuaca cerah. Sinar Matahari tersebut tidak begitu menyengat sampai siang hingga terbit lagi keesokan harinya. Pertanda ini tentu bisa manfaatkan dengan terus meningkatkan taqwa.

2. Udara yang Tenang

Udara pada saat lailatul Qadr yaitu sejuk dan tenang. Ibnu Abbas Radiallahu'anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Lailatul Qadr adalah malam yang tentram dan tenang. Tidak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin. Esok paginya mentari terbit dengan sinar lemah berwarna merah" (HR. Hasan).

3. Kemunculan Bulan


Sumber : media-islam.or.id

Pada malam hari, bulan menampakkan diri dengan separuh nampan. Abu Hurairah Radiallahu'anhu pernah berbincang tentang lailatul Qadr di sisi Rasulullah SAW. Rasulullah berkata :

"Siapakah diantara kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul yang berukuran separuh nampan?" (HR. Muslim).

4. Suasana Malam yang Berbeda

Sumber : Shopback.co.id

Pertanda lailatul Qadr pada malam hari yaitu langit tampak terang tak berawan, angin berhembus sejuk, udara tidak panas dan juga tidak dingin, serta tidak hujan.

5. Perasaan Ummat yang Beribadah

Sumber : liputan6.com

Pada saat malam Lailatul Qadr, ummat yang beribadah merasakan keheningan dalam ketenangan dan kebahagiaan karena hati serta pikiran merasakan nikmat bermunajat dalam do'a, berbeda dengan malam-malam lainnya.

Nah Greaters, itulah beberapa tanda kemunculan Lailatul Qadar yang bisa dijadikan dasar dan bisa juga disimpulkan bahwa Lailatul Qadr tidak hanya terjadi pada malam hari, melainkan bisa juga di siang hari. Semoga kita termasuk hamba Allah yang bisa dipertemukan dengan malam lailatul Qadr. Sebelum itu, mari kita tingkatkan amal dan ibadah kita pada bulan suci ini ya Greaters. 


Referensi:
1. https://rumaysho.com/489-mengenal-tanda-tanda-malam-lailatul-qadar.html
2. Tentang islam/www.facebook.com

Baca juga Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar Pendidikan