Greaters, menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa hal penting khususnya soal leadership, bagaimana memimpin sebuah organisasi atau perusahaan. Selain memimpin, seorang pemimpin tentu harus menjadi tauladan bagi bawahannya. Bagaimana bersikap, mengambil keputusan, mengatasi permasalahan, dan masih banyak lagi. Ada sebuah pepatah mengatakan "Jika satu organisasi dipimpin oleh orang yang bukan pada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya". Oleh karena itu, lewat artikel ini kita akan membahas tentang kepemimpinan yang memiliki dampak pada suatu lingkungan organisasi atau perusahaan.

Kepemimpinan sedikitnya menjalankan 5 peran vital yaitu meneladankan, memberdayakan, mendelegasikan, mengevaluasi, memberikan reward and punishment. Yuk, kita kupas ke-5 peran vital tersebut.

1. Pemimpin sebagai Role Mode

Seorang pemimpin akan kehilangan pengaruh dan kepercayaan dari masyarakat yang dipimpinnya, jika ia tidak melakukan apa yang diperintahkan untuk dilakukan orang lain. Bangun kepercayaan dan pengaruh kamu sebagai seorang pemimpin dengan meneladankan apa-apa yang diharapkan atau perintahkan kepada anggota bahkan masyarakat untuk mereka lakukan. Berikan teladan sebelum mememerintah atau mendelegasikan tugas atau kepercayaan. Pemimpin berperan sebagai suri tauladan/role mode.

2. Pemimpin sebagai Mentor

Selanjutnya, setelah dipercaya dan berpengaruh, berdayakan anggota tim. Mereka akan membuka diri untuk diajari oleh orang yang mereka percayai dan berpengaruh. Berikan anggota tim atau komunitas pelatihan. Kirim mereka untuk mengikuti seminar untuk membangun sikap mental yang positif dan meningkatkan kompetensi teknis mereka. Berikan mereka konseling dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi di lapangan. Sebagai pemimpin dalam level ini berperan sebagai mentor.

3. Pemimpin sebagai Bos

Peran lanjutan dari seorang pemimpin setelah berhasil mejadi mentor, adalah menjadi bos. Apa yang dilakukan bos? Memerintah atau mendelegasikan pelaksanaan tugas tertentu kepada bawahan atau anak buahnya. Setelah memberikan teladan dan memberikan pemberdayaan kepada anggota tim, tibalah waktunya untuk menguji kemampuan mereka dalam menjalankan tugas. Jadi, memerintah dan mendelegasikan bukan ditujukan untuk menunjukkan kekuasaan seorang pemimpin yang dengan seenaknya saja asal perintah, tapi untuk menguji kemampuan anak buah dan meningkatkan kinerja institusi secara keseluruhan (anak buah menjalankan hal teknis, pemimpin mengerjakan hal yang strategis).

4. Pemimpin sebagai Auditor

Setelah anak buah menjalankan tugas dari seorang pemimpin, jadilah auditor yang akan mengevaluasi, memerikasa hasil atau dampak yang ditimbulkan oleh pelaksanaan tugas anak buahnya. Sejauh mana anggota tim mampu menjalankan tugas dengan baik, gagal atau berhasil. Langkah apa selanjutnya yang harus diambil untuk meningkatkan kinerja anggota tim berdasarkan feedback yang didapat dari pelaksanaan tugas tersebut.

5. Pemimpin sebagai Hakim

Peran terakhir seorang pemimpian adalah mejadi hakim, yaitu memutuskan reward atau apresiasi atas keberhasilan kinerja yang dicapai anggota tim. Juga memberikan punishment atas pelanggaran, kegagalan atau kinerja anggota tim yang buruk. Reward bisa berupa materi seperti uang atau benda seperti piagam, piala, perabotan rumah, mobil, peralatan elektronik, bisa juga berupa non materi seperti promosi, kenaikan pangkat/jabatan, pujian tulis, dan lain sebagainya. Demikian juga hukuman bisa berupa uang dan materi seperti denda atau ganti rugi, atau non materi seperti kritik, peringatan, mutasi, penurunan pangkat/jabatan sampai dipecat.

Nah Greaters, kelima peran pemimpin tersebut penerapannya tidak untuk saling menggantikan, tapi merupakan satu paket yang saling melengkapi dengan urutan meneladankan dulu, baru memberdayakan setelah itu memerintah lalu mengevaluasi dan berakhir dengan memberikan reward atau punishment. Yuk, mulai biasakan dari sekarang untuk menjalankan 5 peran kepemipinan di atas dari lingkungan yang terkecil, yaitu keluarga kita. Semoga kelak kita bisa diamanati untuk memimpin institusi yang lebih besar: perusahaan bahkan negara.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Pengertian Cemburu dari Segi Seorang Wanita