Hai Greaters, orang tua memiliki peran besar pada perkembangan otak anak dengan memberikan apapun yang terbaik untuk mereka. Mengingat otak anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik akan menjadikan anak lebih cerdas. Untuk itu, penting untuk kamu memperhatikan nutrisi yang baik dan tepat untuk otak anak. Nah, sebagai rekomendasi makanan apa yang cocok untuk anak, berikut adalah 5 jenis makanan dan minuman yang dapat menutrisi otak anak agar berkembang dengan baik.

1. Mengonsumsi Ikan sebagai Lauk

Sumber : Liputan6.com

Makanan paling utama yang disebut banyak orang untuk mencerdaskan otak adalah ikan. Ikan mengandung omega-3 yang dibutuhkan untuk menutrisi otak anak agar bisa berkembang lebih baik. Dilansir dari laman website theasianparent.com, sebuah jurnal yang diterbitkan oleh The Scientific Reports Journal menerangkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan satu kali dalam seminggu akan memiliki IQ lebih tinggi dibanding anak yang tidak mengkonsumsi ikan. Hal itu telah dibuktikan dengan mengamati sebanyak 500 orang siswa di Tiongkok. Selain memiliki IQ yang tinggi, ikan juga membuat mereka tidur lebih nyenyak.

2. Mengonsumsi Telur


Sumber : Alodokter

Telur adalah makanan yang mudah dijumpai, selain itu harganya juga relatif murah. Telur mengandung DHA, Kolin, Asam lemak dan omega-3 yang baik untuk perkembangan dan kesehatan otak. Selain itu, telur juga mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin A, vitamin B12, selenium dan nutrisi penting lainnya setara dengan produk makanan hewani yang mampu meningkatkan fungsi otak. Untuk itu, telur juga berpotensi untuk membuat anak menjadi cerdas.

3. Mengonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari


Sumber : Liputan6.com

Buah dan sayuran berwarna adalah makanan yang hampir setiap hari kita konsumsi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Selain dibutuhkan untuk memenuhi gizi pada tubuh, buah dan sayur juga bermanfaat untuk menutrisi otak supaya berkembang lebih baik. Buah dan sayur seperti tomat, wortel, kubis, labu dan brokoli adalah contoh yang kaya akan antioksidan serta dapat mencerdaskan otak anak. Selain itu, buah dan sayur ini juga baik dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis pada anak.

4. Mengonsumsi Kacang-Kacangan


Sumber : Kompas Lifestyle

Jenis makanan lainnya yang dapat membantu menutrisi otak anak adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak sehingga daya ingat dan berfikir anak akan meningkat. Selain itu, kacang- kacangan adalah sumber kabohidrat tinggi yang baik sebagai sumber energi pada tubuh. Salah satu contoh kacang-kacangan yang paling baik adalah kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan vitamin C, zat besi, zinc, asam folat, mangan, magnesium, pottasium, fosfor, tembaga dan thiamin yang seluruhnya penting untuk otak.

5. Minum Susu di Pagi Hari


Sumber : Pedoman Bengkulu

Susu adalah minuman yang sangat baik untuk mencerdaskan otak anak karena susu mengandung protein tinggi serta vitamin B vitamin D, kalsium, kalium dan karbohidrat yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di dalam otak, pertumbuhan tulang, sistem syaraf, otot tubuh dan perkembangan otak anak. Mengkonsumsi susu 2 kali sehari dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik yang bisa kamu berikan pada si Buah hati agar dia tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas.


Referensi:
https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/makanan-untuk-otak-anak-cerdas/amp
http://www.cermati.com/artikel/9-makanan-yang-bagus-untuk-pertumbuhan-otak-anak

Baca juga 7 Manfaat Mengikuti Organisasi saat Berada di Sekolah dan Kampus