Hai Greaters! Semua orang pasti mengalami yang namanya tidur dalam kehidupan sehari-hari. Tidur merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan untuk tubuh agar tetap bisa tampil fit dan prima menghadapi berbagai aktivitas. Kita tidur untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas. Namun, tau nggak sih dalam islam ada beberapa macam waktu tidur dan dampak-dampaknya. Nah, kira-kira dampaknya itu baik atau tidak ya bagi kesehatan tubuh? Yuk kita simak pembahasan berikut!

Sumber : nelykamalia.blogspot.com

Dalam islam ada beberapa macam tidur, diantaranya :

  1. ‘Ailulah, yaitu tidur setelah fajar yang mewariskan lupa. Mungkin kita sudah sering dengar informasi bahwa waktu yang tepat dan baik untuk mengingat suatu ilmu bagi orang yang sedang menimba ilmu salah satunya adalah waktu fajar ini. Maka dari itu tidak baik seseorang yang tidur pada waktu ini.
  2. Ghoilulah, yaitu tidur pada waktu dhuha yang mewariskan kefakiran. Tidur pada waktu ini hukumnya makruh, karena pada waktu ini adalah waktu untuk mencari rezeki yang tepat disebabkan pada waktu inilah rezeki dibagikan. Ibnu abbas pernah melihat seorang anaknya yang tidur setelah subuh, beliau berkata :" bangunkah, apakah engkau tidur di saat rizki dibagikan didalamnya.” Dalam hadis Nabi :" Yaa Allah berkahilah ummatku di waktu paginya "
  3. Qoilulah, yaitu tidur diwaktu istiwa’ atau setelah tergelincirnya matahari yang mewariskan kekayaan. Nabi sering mengamalkan tidur yang satu ini. Tidur yang sebentar ini sangat baik dan bemanfaat untuk sekedar mengistirahatkan tubuh kita. Pada waktu inilah akan membangkitkan semangat kita untuk beraktifitas kembali dengan otak dan badan yang segar.
  4. Kailulah, yaitu tidur setelah waktu Ashar hingga masuk waktu Maghrib. Tidur pada waktu sore ini termasuk salah satu waktu yang dibenci oleh Rasul untuk tidur. Tidur kailulah bisa menyebabkan hilangnya akal atau gila bagi siapapun yang sering tidur pada waktu ini. Oleh karena itu, hendaknya tidak tidur dengan cara beraktivitas ringan yang lebih bermanfaat bagi kita.
  5. Failulah, yaitu tidur setelah Maghrib hingga waktu Isya’ yang bisa mewariskan fitnah. Tidur pada waktu ini juga tidak baik ya Greaters! Tunggu aja sampai Isya’, toh juga nggak lama. 

Nah Greaters! Setelah mengetahui beberapa macam waktu tidur ini, kamu bisa nih memulai membagi kegiatan sehari-hari dengan baik. Jangan tidur terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak tidur. Hendaknya melakukan aktivitas dan beristirahat pada waktu yang tepat sehingga kesehatan pun terjaga. Jangan membuang-buang waktu hanya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat menyebabkan waktu kita terbuang sia-sia. Mulai kurangi kebiasaan buruk dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan tidur pada waktu yang tepat.

Baca juga Belajar Teknologi adalah Kunci Menjawab Tantangan Digital di Masa Depan