Hai Greaters, mempunyai Anak yang cerdas tentu merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Anak cerdas mempunyai otak yang berkembang dengan baik sehingga mampu mencapai hal baik dan prestasi-prestasi yang dapat membuat orangtua mereka bangga. Namun, anak yang cerdas juga tidak terlepas dari peran orang tua dalam mendidiknya. Untuk itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan itu. Berikut adalah hal-hal yang dapat orang tua lakukan untuk menjadikan anak menjadi cerdas.


Sumber: Shutterstock

Pentingnya  Ikatan Orang Tua

Ikatan antara anak dan orang tua sangatlah penting untuk membantu perkembangan otak anak. Anak dari keluarga yang harmonis dapat memicu rasa nyaman sehingga perkembangan otak anak akan lebih sehat. Berbeda halnya dengan anak yang tumbuh di lingkungan dengan orang tua yang tidak harmonis, anak akan merasa lebih takut, tertekan, bahkan merasa tidak aman. Hal itu dapat mengganggu mental anak sehingga perkembangan otak anak menjadi tidak sehat.

Memberi Asupan Makanan Sehat

Nutrisi pada makanan dapat berpengaruh pada perkembangan otak anak. Makanan yang sehat dan baik untuk menutrisi otak anak contohnya adalah ikan, telur, kacang-kacangan, susu, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, hal yang paling penting untuk dilakukan orang tua saat pertama anak lahir yaitu dengan memberikan ASI yang cukup sampai anak berusia 2 tahun.

Mengatur Waktu Tidur Secara Tepat

Tidur juga merupakan salah satu hal yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Dilansir dari parenting.co.id, anak prasekolah harus tidur selama 10-12 jam sehari baik itu tidur siang maupun tidur malam. Waktu tidur pada anak juga dapat meningkatkan hormon pertumbuhan pada tubuh anak. Sebuah penelitian yg telah dilakukan di University of Arizona, USA tentang tidur siang pada beberapa anak usi 3 tahun. Hasilnya mengatakan bahwa anak yang tidur siang memiliki pemahaman yang baik dan juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak.

Memberikan Kegiatan Fisik

Kondisi fisik yang kuat dapat memicu perkembangan otak pada anak. Saat masih dini, biarkan anak-anak bermain dengan Alam dan teman-temannya. Hal itu sekaligus dapat membuat kepekaan anak terhadap lingkungan dan sekitarnya.

Mengatur Kesempatan Belajar

Latihlah anak kamu belajar sejak dini dengan mengenalkan angka-angka, huruf, nama binatang, nama buah-buahan, warna dan yang lainnya secara ringan dan menyenangkan. Hal ini dapat menstimulasi otak anak supaya berkembang lebih baik. Anak kecil pkamui dalam mengingat berbagai hal yg dia pelajari. Untuk itu, untuk menjadikan anak cerdas, perlu diberikan pelajaran-pelajaran ringan sejak dini.

Nah Greaters, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua untuk membantu tumbuh kembang otak anak supaya menjadi anak yang cerdas.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Mengenal Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional