Halo Greaters, Ada yang baru masuk kuliah? Diterima dijurusan yang tidak diinginkan? Atau memilih jurusan karena saran dari orangtua? Tentu banyak sekali yang mengalami hal seperti ini. Salah satunya jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, atau disingkat PGSD. Sebagai yang berpengalaman dan banyak sekali mencari tahu mengapa calon mahasiswa memilih jurusan ini, jawaban mereka rata-rata sama. Disuruh orangtua, atau karena ya, sudah lolosnya di sana.

Greaters, bagi kamu yang baru mengenal jurusan ini, mungkin akan berpikiran seperti orang awam kebanyakan. Jurusan PGSD? Mengajar anak SD? Mengapa tidak mengajar anak SMP atau SMA saja? Namun, tahukah kamu, bahwa kamu sangat beruntung bisa masuk ke dalam jurusan ini. Yuk, kita simak, betapa luar biasanya jurusan PGSD, dan tidak boleh diremehkan.

1. Peluang kerja lebih luas

Mengapa saya mengatakan peluang kerjanya lebih luas? Coba bandingkan jumlah antara SD, SMP, dan SMA yang ada di Indonesia. Jumlah gedung SD, menang telak bukan? Sangat banyak sekali! Atau, coba kamu lihat di sekelilingmu. Dalam satu kecamatan saja, sudah pasti jumlah gedung SD lebih banyak daripada sekolah lainnya! Bukan hanya itu, kamu juga bisa membuka tempat les untuk murid-muridmu.

2. Mempelajari berbagai mata pelajaran

Jurusan PGSD, mempersiapkan mahasiswa sebagai guru kelas di SD nantinya. Itu artinya, seorang guru kelas tentu menguasai berbagai mata pelajaran. Ketika kuliah di PGSD, kamu akan belajar kembali mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Kimia, dan Fisika), Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah), Pendidikan Agama Islam, Muatan Lokal (Budaya Lokal), Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi, semua buku-bukumu semasa sekolah dulu, jangan dibuang, ya!

Nah, hebat sekali mahasiswa PGSD, bukan? Yang dipelajari itu semua pengetahuan umum layaknya mahasiswa (pengetahuan guru harus luas dong), setelah itu difokuskan pengetahuan untuk ke-SD. Wah, bagi kamu yang suka semua mata pelajaran sewaktu sekolah dulu, akan terasa menyenangkan nih. Bagi yang tidak? Jalani saja! Makanya jangan remehkan PGSD!

3. Dididik agar menjadi multitalenta

Yap! Selain harus menguasai berbagai mata pelajaran tadi, sebagai mahasiswa PGSD, kamu juga akan belajar membuat berbagai jenis keterampilan tangan seperti membentuk plastisin, membuat bunga dari plastik, dan berbagai keterampilan tangan lainnya. Kalau kamu benar-benar minat untuk menekuni, bisa jadi pekerjaan sampingan kelak nih. Selain itu, kamu juga diajarkan bermain alat musik seperti pianika, menari, dan mengenal nada lagu (bernyanyi).

4. Dididik agar berakhlak baik

Sebagai mahasiswa PGSD, akhlak kamu sangat diperhatikan. Bukan hanya masalah perilaku, dan cara berbahasa, tetapi juga penampilan. Penampilanmu harus sopan, rapi, bersih, agar layak ditiru oleh muridmu kelak. Selain itu, jiwa keibuan untuk perempuan atau jiwa kebapakan untuk laki-laki akan muncul. Sangat bersahaja.

5. Sebagai pendidik di tingkat dasar

Pada pembahasan sebelumnya, sudah disebutkan jika selain mempelajari pengetahuan secara umum, mahasiswa PGSD juga mempelajari pengetahuan yang terfokus ke-SD. Ini bukan berarti mudah, ya, karena yang paling terpenting di sini adalah bagaimana cara kita mengajarkannya kepada siswa. Mengajar siswa SD, berbeda dengan mengajar siswa SMP maupun SMA. Kita dilatih agar ilmu yang disampaikan, dapat diterima dan dipahami oleh anak. Tentunya dengan cara khusus dan strategi tertentu. Kamu akan mempelajarinya nanti di bangku perkuliahan! Siap-siap saja, kamu akan dituntut untuk sangat kreatif.

Nah, Greaters, untuk kamu yang sudah terlanjur masuk di jurusan PGSD, jangan lagi merasa kecil hati, ya. Kamu lebih baik fokus saja dan berusaha lebih keras di bangku perkuliahan, karena disiapkan untuk menjadi pendidik di tingkat dasar itu merupakan perkara yang serius. Demi terciptanya generasi bangsa yang hebat!

Sumber Gambar : Hipwee

Baca juga Jangan Kasih Kendor! 5 Tips agar Tetap Semangat Bekerja setelah Libur Panjang