Greaters, sangat manusiawi jika emosi kamu tersulut tiba-tiba usai mendengar kabar yang kurang mengenakkan. Emosi memang kerap kali datang tanpa di minta dan di waktu yang tidak diduga-duga. Kalau sudah begini, kamu dituntut untuk tetap tenang sembari menyingkirkan pikiran-pikiran negatif tersebut agar tidak terjerumus ke dalam kekacauan yang semakin membuat kepala pusing. Namun, tidak perlu khawatir jika itu terjadi. Mengingat banyaknya cara untuk meredakan emosi yang mulai datang.

Berikut tips yang bisa kamu jadikan cara untuk mengendalikan emosi dan pikiran akan semakin tenang ketika mendengar sebuah kabar yang kurang sedap.

1. Bersikap lebih tenang

Ketika kamu lebih memilih untuk bersikap lebh tenang, tentu saja segala sesuatu yang dirasakan ketika mendengar kabar tidak mengenakkan sekalipun, kamu akan tetap tenang dan tidak akan langsung terpancing emosi yang tidak terkendali. Oleh karena itu, bersikap tenang sangat membantu dan efektif untuk menghindari emosi yang meluap kapanpun.

2. Membuang jauh-jauh pikiran buruk

Merupakan hal yang wajar jika kamu mendengar suatu berita buruk namun belum pasti. Pikiran-pikiran negatif langsung bereaksi menyelimuti. Hal inilah yang harus kamu atasi denga membuang jauh-jauh pikiran buruk. Manfaat yang dihadirkan oleh hal ini adalah menetralisir alam bawah sadar sehingga rangsangan yang timbul ke otak akan berdampak positif dan memjadikan diri lebih bisa mengendalikan emosi yang kerap datang tiba-tiba.

3. Memancarkan emosi positif

Emosi yang positf tentunya dapat membuat hati dan pikiran merasa lebih tenang tanpa ada luapan emosi yang menggebu. Dalam sebuah hubungan atau permasalahan apapun jika kamu mampu memancarkan emosi positif dengan selalu berpikir positif, maka hal yang sedang dialami seolah berubah menjadi positif dan membuat pikiran menjadi relax. Misalnya pertengkaran dengan pasangan yang membuat kamu terus saling menyalahkan tentu saja akan berdampak sangat buruk terhadap keberlangsungan hubungan kalian.

Dengan memancarkan emosi positif, kamu akan lebih berpikir bahwa dari pertengkaran tersebut kamu dan pasangan dapat saling belajar untuk mencari titik temu tanpa adanya emosi berlebihan yang mampu membuat suasana menjadi lebih mencekam dan memgancam hubungan kalian berdua.

4. Berusaha untuk dapat menerima

Tidak mudah untuk dapat menerima berita yang kurang sedap didengar. Hal ini tentu terjadi pada setiap orang. Di mana mereka akan masuk ke dalam lingkaran emosi sehingga melakukan hal apapun dengan rasa emosi di dalamnya. Oleh karena itu, cobalah untuk menerima dengan lapang dada berita yang didengar. Dengan begini, kamu akan terbiasa untuk tetap sabar dan tenang jika dihadapkan pada situasi yang sama.

Nah Greaters, itulah beberapa tips dan trik agar kamu tidak mudah dikendalikan oleh emosi yang memiliki banyak kerugian. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar utama: Shutterstock

Baca juga Memandang Pemandangan Kontras di Negeri Ini