Greaters. Bagi kamu yang akan atau sudah lulus kuliah dan ingin menjadi pengajar, pastinya dibutuhkan keputusan yang matang. pasalnya, menjadi seorang pengajar merupakan hal yang tidak mudah. Selain menyampaikan materi yang kita ajar ke murid-murid, kamu juga harus mampu membuat mereka tertarik dan memberikan perhatian saat waktu mengajar. Apalagi jika kamu seorang guru Sekolah Dasar. Hal ini tentu berbeda dengan tingkat sekolah lainnya.

Cara mengajar siswa SD dengan siswa SMP atau SMA tentu sangatlha berbeda. Jika kamu mengajar siswa yang sudah remaja, tentu mereka sudah bisa mengontrol sikap. Berbeda dengan siswa SD yang aktif dan suka bermain. Lantas, bagaimana sikap kamu sebagai guru atau pengajar ketika berhadapan dengan siswa SD? Bagaimana membuat mereka nurut dan mau memperhatikan kamu sebagai seorang guru? Berikut penjelasannya.

1. Curahkan perhatian

Sebagai guru SD, kamu tidak bisa sibuk sendiri Greaters. Apalagi sibuk bermain ponsel ketika di kelas dan mengabaikan muridmu. Siswa-siswi SD perlu bimbingan ekstra dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bahkan, mereka ada yang bergerak sangat aktif, atau melakukan kegiatan-kegiatan demi mendapatkan perhatian. Jadi, ketika mengajar nanti, jangan lupa fokus dan curahkan perhatianmu kepada siswa-siswa. Hal yang kamu lakukan ini tentunya akan membuat mereka merasa dihargai dan dianggap keberadaanya. Bukan tidak mungkin, siswa-siswi akan memberi rasa hormat terhadapmu

2. Tegas, namun tidak kasar

Beberapa guru mungkin memiliki sikap yang lemah-lembut saat proses mengajar agar muridnya tertarik untuk mendengarkan. Ada juga guru yang sangat keras dalam mengajar. Hal ini tentunya untuk membuat murid-murid bersikap disiplin. Nah, dari cara-cara tersebut, kamu bisa memadukan beberapa sikap tersebut agar murid-murid mudah diatur. Tentunya kamu perlu bersikap tegas agar mereka menghargaimu. Tapi ingat, jangan sesekali berbuat atau berbicara kasar. Tegas akan mengantarkanmu menjadi orang tua yang bisa dipercaya untuk didengarkan. Sementara kasar, hanya akan menjatuhkan harga dirimu sendiri sebagai seorang tenaga pendidik.

3. Buat siswa nyaman


Sumber : Ide Kreatif Guru

Membuat siswa nyaman dengan kita itu merupakan hal penting bagi seorang guru, Greaters. Kamu bisa menjadi sosok guru yang menyenangkan. Bukan hanya sebagai guru dan orang tua untuk mereka, tetapi juga sebagai sahabat yang baik dan bisa mereka percaya. Buat siswa menjadi terbuka denganmu, dan mereka tahu bahwa kamu adalah guru yang akan menerima mereka, dan tidak menghakimi mereka. Jadilah dekat dengan siswamu sendiri. Karena guru bukan hanya sekadar mengajar, tetapi juga mendidik.

4. Menjaga Wibawa

Seorang guru wajib memiliki sikap dan tingkah laku yang memiliki rasa kepemimpinan serta daya tarik sehingga bisa menguasai siswa dengan tetap dihormati sebagai guru. Seorang guru memang harus memiliki kedekatan yang cukup terhadap siswa-siswi guna memudahkan mereka saat proses belajar mengajar. Namun, kedekatan ini tentunya harus dijaga dan terbatas. Mengingat, seorang guru harus memiliki wibawa agar dapat dihormati oleh siswa-siswinya.

Siswa-siswi harus memiliki batasan sikap terhadap guru seperti contoh saking dekatnya kamu dengan siswa, siswa berani mengambil langsung ponsel di sakumu atau dia berkata-kata seperti kamu adalah orang yang seumuran atau di bawahnya. Batasan-batasan ini tentunya mampu menjaga sikap siswa terhadap wibawa kamu yang merupakan seorang guru. 

Nah Greaters, itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai seorang guru agar siswa-siswi merasa tertarik, mudah diatur, dan menghormati kamu sebagai seorang pendidik. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar utama :  detik.net
Penulis : Three Rahmadona

Baca juga Perhatikan 3 Hal Ini Jika Merasa Bosan untuk Sekolah