SEO vs SEM: Definisi dan Perbedaannya
Admin Article
Admin Article
Digital Marketing | Posted on October 12, 2021

Halo, Greaters!

Kalau ngomongin soal SEO dan SEM mungkin pikiran kita akan langsung tertuju pada strategi marketing perusahaan ya, Greaters. Memang kedua anggota keluarga search optimization ini sangat krusial untuk kepentingan pemasaran produk dan pengembangan bisnis perusahaan. Tapi, strategi marketing bisa salah atau gak terlaksana dengan maksimal ketika kamu gak paham dasar  perbedaan dari SEO vs SEM.

Photo by Justin Morgan on Unsplash

Nah Greaters, keduanya memang memiliki tujuan sama dengan taktik yang juga gak jauh berbeda. Tapi, nyatanya kedua search optimization ini punya keunggulan masing-masing. Kalau kamu mengetahui perbedaan SEO dan SEM dengan baik, maka kamu bisa meningkatkan search marketing perusahaan kamu. Jadi, apa aja sih perbedaannya?

Sebelum itu, jangan lupa untuk share artikel ini siapa tau bisa bermanfaat buat teman atau rekan kamu yang pengen dalamin di bidang SEO dan SEM ya, Greaters! Selamat membaca!

Definisi SEO dan SEM

SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah bagian dari pemasaran pencarian yang menggunakan taktik ORGANIK untuk mendapatkan visibilitas di SERP atau Search Engine Results Page. Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah praktik mendapatkan lalu lintas (traffic) bertarget ke situs web dari peringkat organik mesin pencari. Tugas umum yang terkait dengan SEO termasuk membuat konten berkualitas tinggi, mengoptimalkan konten di sekitar kata kunci tertentu, dan membangun backlink.

Dengan kata lain: SEO adalah tentang cara meningkatkan peringkat situs di bagian organik (gak berbayar) dari hasil pencarian.

SEM

SEM sering dianggap sebagai bagian dari pemasaran pencarian yang menggunakan taktik DIBAYAR untuk mendapatkan visibilitas di SERP. Strategi SEM berbayar mencakup aktivitas yang terkait dengan penyiapan dan pengoptimalan iklan serta pengaturan anggaran yang membayar penempatan iklan.

Strategi ini sering disebut sebagai pencarian berbayar atau pemasaran bayar per klik (PPC).

Google Ads (sebelumnya Google Adwords) adalah penyedia pencarian yang paling umum digunakan untuk strategi ini. Dengan taktik ini, merek melakukan penelitian kata kunci dan membuat kampanye yang menargetkan kata kunci terbaik untuk industri, produk, atau layanan mereka. Saat pengguna mencari kata kunci tersebut, mereka melihat iklan khusus di bagian atas atau bawah SERP. Merek dikenakan biaya setiap kali pengguna mengklik iklan.

Apa Bedanya SEO dan SEM?

1. Berbayar dan Organik

Ada dua kategori utama dalam pemasaran pencarian:

  • SEM, yang menggunakan strategi DIBAYAR untuk muncul dalam pencarian
  • SEO, yang menggunakan strategi ORGANIK untuk muncul dalam pencarian

Perbedaan utama antara SEM dan SEO adalah bahwa SEM adalah strategi berbayar dan SEO adalah strategi organik .

2. Kecepatan

Salah satu perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah kecepatan. Faktanya adalah: SEO membutuhkan waktu. Apalagi jika situs kamu masih baru dan belum memiliki banyak backlink.

Faktanya, analisis oleh Ahrefs menemukan bahwa dibutuhkan rata-rata 2 tahun untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. Dan banyak dari halaman peringkat teratas pertama kali diterbitkan 3+ tahun yang lalu

Cakupan SEO dan SEM

SEO

SEO mencakup ratusan taktik yang bisa membantu merek meningkatkan peringkat pencarian mereka. Teknik SEO topi putih ini sering dikelompokkan menjadi tiga kategori.

1. SEO On-page mengoptimalkan setiap halaman situs web untuk menargetkan kata kunci tertentu dan menarik mesin pencari. Strategi SEO On-page meliputi: riset kata kunci, pembuatan konten, dan pengoptimalan kata kunci.

 

Photo by Firmbee.com on Unsplash

Optimalisasi pada halaman dalam SEO membantu mesin pencari memahami halaman konten dan, oleh karena itu, memberikan peringkat yang lebih tinggi. Di sinilah kamu mengoptimalkan situs web kamu di sekitar kata kunci yang dicari pelanggan target kamu di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. Misalnya, salah satu praktik terbaik SEO di halaman adalah memasukkan kata kunci utama kamu di tag judul, deskripsi meta, dan URL halaman web kamu.

2. SEO Teknis mengoptimalkan elemen non-konten situs web dan situs web secara keseluruhan untuk meningkatkan struktur dan fondasi backendnya. Strategi ini terkait dengan: kecepatan situs, keramahan seluler, pengindeksan, kemampuan merangkak, arsitektur situs, data terstruktur, dan keamanan. SEO teknis meningkatkan pengalaman pengguna dan perayap pencarian, yang mengarah ke peringkat pencarian yang lebih tinggi.

3. SEO Off-page membangun reputasi dan otoritas situs web dengan menghubungkannya ke situs web berkualitas tinggi lainnya. Teknik SEO di luar halaman meliputi: pembuatan tautan (memperoleh tautan balik berkualitas tinggi) dari situs web lain dan mengelola daftar lokal dan profil direktori.

Ketika banyak situs web menautkan ke situs web perusahaan, itu menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web merek tersebut bisa dipercaya. SEO di luar Off-page adalah tentang cara mendapatkan kepercayaan dan sinyal otoritas dari situs web lain.

4. Sinyal Interaksi Pengguna: Cara pengguna berinteraksi dengan situs kamu membantu Google mengetahui apakah laman kamu cocok untuk penelusuran seseorang. Misalnya, jika halaman kamu memiliki rasio pentalan yang tinggi, bisa jadi halaman kamu gak memberikan jawaban atas pencarian mereka. Dan jika Google menganggap halaman kamu gak cocok untuk kata kunci itu, mereka bisa menurunkan peringkat kamu sedikit. Atau benar-benar keluar dari halaman pertama sama sekali.

SEM

SEM adalah istilah tingkat tinggi yang mencakup SEO. Jadi semua yang baru saja mimin uraikan di atas untuk SEO juga berlaku untuk SEM. Namun selain SEO, SEM juga termasuk PPC.

1. Bidding

Baik kamu menggunakan Google Ads atau Bing Ads, iklan berbayar di penelusuran semuanya tentang bidding. Dengan PPC, kamu menawar kata kunci tertentu. Dan ketika seseorang menelusuri kata kunci itu, iklan kamu akan muncul. Dan ketika seseorang mengklik iklan kamu, kamu membayar berapapun jumlah yang kamu tawar. Jumlah yang kamu bayarkan saat seseorang mengklik iklan kamu dikenal sebagai biaya per klik (PPC).

2. Skor Kualitas

Skor Kualitas adalah metrik Google Ads yang sangat penting. Pada dasarnya, hal ini adalah cara Google untuk mengetahui apakah iklan kamu cocok untuk apa pun yang ditelusuri seseorang. Google menghitung Skor Kualitas berdasarkan kombinasi rasio klik-tayang, kualitas halaman arahan kamu, dan Skor Kualitas akun Google Ad kamu secara keseluruhan.

Dan jika iklan kamu memiliki Skor Kualitas tinggi, kamu akan mendapatkan diskon untuk setiap klik. Jika salinan kamu gak mendorong orang untuk mengklik, Skor Kualitas kamu akan menurun. Dan PPC kamu akan mulai menjadi sangat mahal.

 

Image by Firmbee from Pixabay

Satu tujuan ke laut yang sama, namun dengan perahu yang berbeda. Begitulah adanya mesin pencarian yang dibutuhkan untuk memaksimalkan salinan pemasaran kamu. Sebagai seorang digital marketer khususnya kalau kamu fokus dalam kedua bidang ini, kamu harus bisa mengetahui perbedaannya untuk bisa memaksimalkan penggunaannya, Greaters.

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari SEO atau SEM? Atau justru keduanya? Nah Greaters, kamu sendiri bisa mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan bergabung bersama kami di Great Edu. Mulai dari workshop hingga kursus dengan video, Great Edu hadir buat kamu yang pengen belajar macam-macam tapi gak punya waktu karena harus kerja seharian atau masih harus belajar sampai tengah hari.

Dengan pembicara yang pastinya ahli dalam bidangnya, Great Edu memberikan berbagai macam edukasi untuk berbagai bidang yang kamu minati, karena kami hadir sebagai  #HomeforAllEducationNeeds.

Terima kasih sudah baca sampai bawah, Greaters! Jangan lupa bagikan bacaan ini supaya bisa nambah insight untuk orang-orang di sekitarmu ya, sampai bertemu lagi di artikel lainnya!

 

featured
random artikel
Pilihan Belajar dengan
Mudah dan Menyenangkan,
Semua Ada di GreatEdu
Persiapkan Karirmu Lewat Konten Berkualitas dari GreatEdu.
Mari Bertumbuh Bersama dalam Karir, Bisnis, dan Pendidikan
Hubungi Kami
GreatEdu
Get to Know Us
Copyright
© 2020. All Right Reserved
Payment Partner
Connect With Us