Ini Cara Kamu Menjadi Seorang Digital Marketer!
Admin Article
Admin Article
Digital Marketing | Posted on September 27, 2021

Halo, Greaters!

Apakah kamu berminat untuk meniti karir dalam dunia digital marketing? Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui kalau karir digital marketer sedang naik-naiknya belakangan ini dan nyatanya, akan selalu dibutuhkan selagi teknologi terus berkembang. Selain adanya pandemi Covid-19 yang memaksa banyak dari kegiatan kita dijalankan secara daring, kita juga sedang dalam perjalanan menyambut era society 5.0 di mana fasih berteknologi adalah keharusan ya, Greaters.

 

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Mulai dari bidang kesehatan hingga hiburan sudah mengalami digitalisasi. Hal ini pun mempengaruhi banyaknya pekerjaan yang beralih ke digital, salah satunya dalam bidang pemasaran. Dan seorang ahli pemasaran digital, yang biasa dikenal sebagai digital marketer, adalah yang bertanggung jawab dalam bidang ini.

Melihat prospek kerja yang sedang meningkat dan menjanjikan dari digital marketer, pastinya kamu mau tau dong gimana ya caranya biar bisa memulai karir di bidang ini. Nah Greaters, sebelumnya kita kenalan sedikit dulu ya. Apa aja sih tugas digital marketer?

Digital Marketer dan Tugasnya

Seorang digital marketer bertanggung jawab dalam meningkatkan kesadaran merek melalui semua saluran digital untuk kepentingan pemasaran perusahaan. Entah pemasaran itu secara gratis maupun berbayar, saluran ini mencakup media sosial, situs web perusahaan, peringkat mesin pencari, email, iklan-iklan, dan blog perusahaan. Nah, seorang digital marketer sendiri juga bertanggung jawab atas SEO. Misalnya, seperti mengukur "lalu lintas organik" situs web perusahaan. Ini adalah jenis traffic yang berasal dari pengunjung situs web yang menemukan halaman situs web bisnis melalui pencarian Google.

Digital marketing sudah banyak dilakukan oleh industri bidang apapun dalam rangka melakukan pemasaran saat ini. Di perusahaan kecil, seorang digital marketer mungkin merangkap beberapa bidang marketing yang dilakukan secara bersamaan. Di perusahaan besar, pekerjaan marketing memiliki banyak spesialis yang masing-masing fokus hanya pada satu atau dua pekerjaan digital.

Beberapa perusahaan mungkin bisa memiliki tugas yang berbeda dengan posisi yang sama. Tapi,  seorang digital marketer setidaknya diharapkan memiliki beberapa kemampuan tertentu. Nah, kemampuan apa aja yang perlu kamu miliki sebagai digital marketer?

Kemampuan yang Perlu Kamu Kuasai

Kalau kita membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan dunia digital, apa saja yang terlintas di pikiranmu selain internet, Greaters? Mungkin visual? Atau netizen yang gak terlihat seperti apa orangnya? Terus, gimana bisa melakukan pemasaran kalau hal yang kita targetkan aja gak terlihat? Nah, itu kenapa keterampilan berikut dibutuhkan untuk seorang digital marketer:

a. Memahami SEO & SEM

Pencarian online yang didorong oleh adanya iklan digital. Kamu harus memahami optimasi mesin pencari (SEO) dan pemasaran mesin pencari (SEM) untuk bekerja di lapangan. Nah Greaters, kamu gak perlu khawatir tentang hal-hal teknis back-end di sini.  Kemampuan ini lebih kepada tentang memahami pentingnya SEO dan cara terbaik untuk mempraktekannya. Lebih tepatnya, kemampuan untuk memahami bagaimana SEO dan SEM mempengaruhi pemasaran kamu secara online dengan maksimal. SEO penting supaya isi dari konten kamu bisa cukup baik untuk dibaca oleh komputer dan masuk dalam halaman pencarian utama dari Google.

b. Content Marketing

Konten adalah apa yang digunakan untuk menarik dan melibatkan pelanggan. Baik dari situs web, video, media sosial, atau blog perusahaan. Ini juga mencakup apa pun yang bisa diakses orang secara online seperti white paper, studi kasus, buku petunjuk, dan banyak lagi.

Kemampuan ini dibutuhkan untuk kamu memahami aspek konten, cara pembuatannya, efektivitasnya, dan cara terbaik menggunakannya akan memberikan banyak informasi yang dibutuhkan untuk hampir semua peran digital marketing. Kamu harus bisa memahami cara terbaik menggunakan konten untuk membantu bisnis memenuhi tujuan mereka termasuk dari media sosial. Bergantung pada tingkat pekerjaan apa yang kamu cari dalam industri digital marketing, kamu juga harus bisa memahami strategi dan analisis konten.

c. Data & Analytics

Gak perlu berlatar belakang IT, kamu bisa mencoba menggunakan Google Analytics untuk membaca data. Google Analytics adalah pusat dari banyak aspek digital marketing. Kamu bisa melacak laporan, memantau kampanye dan menerapkan informasi yang kamu temukan berdasarkan perilaku konsumen. Dengan melakukan hal ini akan memungkinkan kamu menemukan solusi yang lebih baik untuk meningkatkan traffic audiens menuju situs kamu.

 

Image by 200 Degrees from Pixabay

 

d. Design Thinking

Pengalaman pengguna adalah kunci keberhasilan dari digital marketing. Pemikiran desain sangat penting karena mengajarkan perusahaan cara terbaik untuk melibatkan pelanggan dalam penggunaan produk. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk memastikan bahwa pengalaman online mereka sederhana dan efektif. Dengan begitu, pelanggan kamu gak akan beralih ke produk pesaing. Ini bisa mencakup penggunaan situs belanja online, mengakses informasi, dan hal lain yang mungkin ditawarkan perusahaan kamu kepada pelanggan termasuk aplikasi yang disesuaikan.

Langkah-langkah Menjadi Seorang Digital Marketer

Sebenarnya gak ada latar belakang khusus yang diperlukan bagi kamu untuk menjadi seorang digital marketer. Faktanya, banyak orang memasuki bidang ini dari berbagai peran yang berbeda, termasuk Copywriter, Webmaster, atau bahkan Influencer.

Nah, dilansir dari Brain Station, berikut sedikit dari banyak langkah bagaimana menjadi digital marketer dalam lima langkah:

1. Mempelajari Dasar-dasar Digital Marketing

Berinvestasi dalam pelatihan sepanjang karir digital marketing kamu bisa membantu kamu menjadi digital marketer yang menonjol dengan berbagai keahlian sesuai permintaan.

Seperti yang mimin sebutkan di atas, industri digital marketing terus berkembang seiring waktu. Artinya pengetahuan kamu tentang industri juga harus demikian. Karier dalam digital marketing memungkinkan kamu mengikuti keingintahuan kamu dengan memanfaatkan sesi pelatihan yang tersedia.

Seperti yang kamu ketahui, kemungkinan besar kamu akan mengikuti kursus atau sertifikasi jika itu adalah bidang yang kamu minati. Mau tahu cara kerja iklan PPC? Mau tahu faktor apa saja yang membuat halaman penjualan persuasif mendapatkan hasil? Nah, ada banyak kursus pelatihan keterampilan digital yang tersedia baik online maupun offline. Jadi Greaters, jangan takut untuk mulai belajar hal baru karena itu investasi untuk karir kamu.

2. Pelajari Cara Menggunakan Tools Digital Marketing

Semakin banyak tools digital marketing yang kamu pahami, semakin mudah untuk menjadi digital marketer. Google Analytics dan Google Ads, misalnya, memungkinkan digital marketer untuk mengukur dan melacak kinerja kampanye dan inisiatif pemasaran. Alat SEO seperti Ahrefs, Moz, dan SEMrush juga penting. Perangkat-perangkat ini memberi kamu kemampuan untuk menjelajahi kata kunci yang relevan, memeriksa tautan balik ke halaman kamu, mengidentifikasi kata kunci terkait, dan menganalisis SEO pesaing.

Pengalaman dengan alat kampanye email, seperti MailChimp atau SendGrid, juga bisa sangat berharga ketika mau masuk ke digital marketing. Seperti halnya pengetahuan tentang program manajemen hubungan pelanggan (CRM), seperti Salesforce dan Hubspot.

Mungkin salah satu cara termudah untuk mencelupkan kaki kamu, bagaimanapun, adalah di ranah media sosial. Mengembangkan pengikut (atau setidaknya gaya yang kohesif secara visual). Gak lupa menggunakan alat manajemen media sosial seperti Hootsuite, Later, dan Buffer. Perangkat-perangkat ini bisa membantu kamu menonjol dari calon kandidat lain saat melamar pekerjaan di digital marketing.

3. Mengikuti Program Magang

Seperti halnya posisi magang, banyak individu mengambil program terkait untuk kesempatan terpapar lingkungan profesional yang mendorong kemampuan mereka ke depan. Magang memang sangat menantang, tapi ketika kamu dikelilingi oleh tim pemasar profesional yang tepat, kamu bisa belajar dari kesalahan dan keberhasilan yang mereka alami selama bertahun-tahun. Cari sudut pandang dan pengalaman itu yang bisa meramaikan portofolio kamu.

 

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Meskipun kamu bisa meluangkan waktu untuk belajar dan mengalami sendiri aspek digital marketing, magang akan membuat kamu berhadapan langsung dengan hambatan dunia nyata yang harus diatasi pemasar dan proses yang membantu mereka menjadi tim pemasaran terkenal seperti sekarang ini.

4. Kembangkan Resume dan Portofolio

Karir dalam digital marketing mengedepankan pengalaman, keahlian, dan pengetahuan. Kalau kamu sedang mempertimbangkan atau baru memulai karir di bidang digital marketing, melakukan investasi dalam webinar dan pelatihan digital marketing professional bisa kamu terapkan. Sebagai langkah awal, cobalah pahami tentang dunia digital marketing terlebih dahulu dan jenis karir seperti apa yang cocok dengan kamu dalam bidang ini.

Setelah memiliki setidaknya satu pengalaman saja, kamu bisa masukkan itu ke dalam resume dan portofolio kamu sebagai batu loncatan untuk kamu mencoba yang lain.

5. Jaringan

Sebagai digital marketer, sebagian besar dari apa yang kamu lakukan adalah mengembangkan komunitas online. Baik itu seputar merek pribadi kamu atau untuk organisasi global, komunitas aktif yang bisa membangun atau menghancurkan bisnismu. Cobalah untuk bersikap aktif dengan mengembangkan jaringan kamu di komunitas digital marketing dengan minat yang sesuai.

Komunitas digital marketing, baik online maupun offline, bisa membantu kamu mengenali pentingnya apa yang kamu lakukan dan bagaimana hal itu sesuai dengan 'gambaran besar' bisnis dan karir kamu ke depannya. Seperti halnya tugasmu sebagai digital marketer untuk memasarkan, kamu juga harus mampu memasarkan dirimu dengan adanya jaringan. Ketika kemampuan kamu sudah diketahui oleh rekan kerja, kemungkinan kamu untuk direkomendasikan ke perusahaan lain akan lebih besar.

Dengan cara yang sama seperti program, aplikasi, dan platform media sosial yang terus berkembang, begitu pula cara digital marketer harus berinteraksi. Dari mengikuti pelatihan online hingga mengetahui bagaimana kecerdasan buatan (AI) mempengaruhi cara orang menggunakan teknologi, dunia digital marketing selalu berubah, dan dibutuhkan digital marketer yang bisa beradaptasi untuk mengikutinya.

Membicarakan karir di digital marketing memang gak ada habisnya. Perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadikan seleksi alam bagi mereka yang berkarir dalam dunia digital. Itu kenapa Greaters, penting bagi kamu untuk punya wadah yang bisa menaungi kamu saat buta informasi dalam bidang ini. Mulai dari workshop hingga kursus dengan video, Great Edu hadir buat kamu yang pengen belajar macam-macam, khususnya dalam dunia digital marketing yang serba update ini.

Dengan pembicara yang pastinya ahli dalam bidangnya, Great Edu memberikan berbagai macam edukasi untuk berbagai bidang yang kamu minati, karena kami hadir sebagai  #HomeforAllEducationNeeds.

Nah Greaters, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai bawah, ya! Sampai jumpa di artikel lainnya~

featured
random artikel
Pilihan Belajar dengan
Mudah dan Menyenangkan,
Semua Ada di GreatEdu
Persiapkan Karirmu Lewat Konten Berkualitas dari GreatEdu.
Mari Bertumbuh Bersama dalam Karir, Bisnis, dan Pendidikan
Hubungi Kami
GreatEdu
Get to Know Us
Copyright
© 2020. All Right Reserved
Payment Partner
Connect With Us