Apa itu SEO di Digital Marketing?
Admin Article
Admin Article
SEO | Posted on October 12, 2021

Halo, Greaters!

Masuk dalam dunia digital marketing pastinya kamu gak asing dengan istilah SEO, ya. Entah dari sosial media atau kanal pembelajaran digital marketing, SEO menjadi salah satu bagian utama dan penting dari digital marketing. Itu mengapa, karir dalam bidang ini sudah banyak menjadi incaran peminat digital marketer.

Bahkan, kesuksesan sebuah marketing perusahaan memang bisa dinilai dari seberapa baiknya kualitas SEO itu. Sehingga spesialis dalam bidang SEO akan terus dibutuhkan oleh berbagai macam industri melihat terus berkembangnya teknologi. Tapi sebenarnya, apa sih SEO itu?

Yuk Greaters, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang SEO!

 

Photo by Merakist on Unsplash

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. Serangkaian praktik yang dirancang untuk meningkatkan posisi halaman web dalam hasil pencarian teratas secara organik. Karena pencarian organik adalah cara paling menonjol bagi orang untuk menemukan dan mengakses konten online, strategi SEO yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic ke situs web kamu.

Singkatnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik mengoptimalkan situs web atau halaman web untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic-nya dari hasil organik mesin pencari. Berbagai mesin pencari di sini maksudnya bisa Google, Bing, Yandex, dll.

Apa Saja Nilai Penting dari SEO?

1. Hasil Pencarian Organik

Iklan (dalam konteks ini, PPC atau iklan bayar per klik) merupakan bagian yang signifikan dari banyak SERP (Search Engine Results Page). Hasil penelusuran organik berbeda dari iklan karena diposisikan berdasarkan algoritma peringkat organik mesin telusur, bukan tawaran pengiklan. Kamu gak bisa membayar agar halaman kamu mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik.

Image by Pexels from Pixabay

 

2. Kualitas Traffic Organik

Seberapa relevan informasi yang dicari pengguna dengan konten yang ada di situs web kamu. Situs web kamu boleh aja menarik beribu pengunjung setiap bulannya, tapi misal mereka datang ke situs kamu karena Google memberitahu kalau kamu spesialis KOL padahal sebenarnya kamu adalah pemasok sayur kol, pengunjung tersebut kemungkinan besar akan meninggalkan situs web kamu tanpa adanya perubahan.

Traffic yang berkualitas tinggi hanya mencakup pengunjung yang benar-benar tertarik dengan produk, informasi, atau lainnya yang ditawarkan situs kamu. SEO berkualitas tinggi memanfaatkan mesin pencari untuk mencocokkan maksud pencarian pengguna dengan halaman web yang terdaftar di SERP.

Perbedaan Antara Berbayar dan Organik

Sama-sama bertujuan meningkatkan pengunjung ke situs web perusahaan, ada beberapa perbedaan antara pencarian organik dan berbayar. Nah Greaters, penting bagi kamu untuk memahami perbedaan antara pencarian organik dan alami yang identik seperti SEO dan pencarian berbayar seperti SEM. Ada lima perbedaan utama:

1. Posisi

Perbedaan pertama adalah hasil pencarian berbayar muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari, dan hasil organik muncul di bawahnya.

2. Waktu

Perbedaan utama lainnya antara pencarian berbayar dan pencarian organik adalah waktu. Dengan pencarian berbayar, kamu mendapatkan hasil yang hampir instan, terkadang dalam hitungan menit. Dengan penelusuran organik, hasil membutuhkan lebih banyak waktu - seringkali berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun. Jadi, biasanya kamu perlu menunggu jangka waktu yang lebih panjang dengan pencarian organik untuk melihat perubahan dalam marketing kamu.

3. Pembayaran

Dengan pencarian berbayar, kamu membayar per klik (PPC) berdasarkan biaya per klik (BPK). Artinya, kamu membayar biaya setiap kali pengguna mengklik iklan kamu. Jadi, alih-alih mengumpulkan traffic organik ke situs web kamu, kamu membeli traffic untuk halaman kamu dengan membayar Google supaya bisa menampilkan iklan kamu ketika pengunjung mencari kata kunci kamu.

4. ROI

Dalam hal laba atas investasi atau ROI, sebenarnya lebih mudah diukur dengan pencarian berbayar. Itu sebagian karena Google menyediakan lebih banyak data kata kunci yang bisa kamu tangkap di Google Analytics. Namun, dengan pencarian berbayar, ROI bisa stagnan atau menurun seiring waktu. Dengan penelusuran organik, ROI sedikit lebih sulit diukur, tetapi sering kali meningkat seiring waktu. Dalam jangka panjang, pencarian organik bisa menawarkan pengembalian investasi yang sangat baik.

Gimana Cara Kerja SEO?

Secara sederhana, SEO bekerja dengan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa konten kamu adalah hasil terbaik untuk topik yang ada. Ini karena semua mesin pencari memiliki tujuan yang sama: untuk menampilkan hasil terbaik dan paling relevan kepada penggunanya. Lebih tepatnya, bagaimana kamu melakukan ini tergantung pada mesin pencari yang kamu optimalkan.

 

Photo by Pathum Danthanarayana on Unsplash

Jika kamu ingin lebih banyak traffic organik ke halaman web kamu, maka kamu perlu memahami dan memenuhi algoritma Google. Jika kamu ingin lebih banyak penayangan video, maka pelajari algoritma YouTube. Hal ini dikarenakan setiap mesin pencari memiliki algoritma peringkat yang berbeda.

Apabila kita mau membicarakan mesin pencari paling umum seperti Google yang menggunakan crawler, terkadang juga disebut bot atau spider. 

Crawler dimulai dari halaman web yang dikenal dan mengikuti tautan internal ke halaman di dalam situs itu serta tautan eksternal ke halaman di situs lain. Konten pada halaman tersebut, ditambah konteks tautan yang diikutinya. Hal ini membantu crawler memahami tentang setiap halaman dan bagaimana halaman itu terhubung secara semantik ke semua halaman lain dalam basis data besar mesin pencari, yang disebut indeks.

Jadi, saat pengguna mengetik atau mengucapkan kueri ke dalam kotak telusur, mesin telusur menggunakan algoritma untuk menarik apa yang diyakini sebagai daftar hasil yang paling akurat dan berguna untuk kueri tersebut. Hasil organik ini bisa mencakup halaman web yang penuh dengan teks, artikel berita, gambar, video, daftar bisnis lokal, dan jenis konten khusus lainnya.

Nah Greaters, pastinya untuk memaksimalkan kemampuan kamu dalam memahami SEO akan membutuhkan lebih dari sekedar teori. Cobalah untuk mencari tahu informasi terkait dengan mengaktifkan diri mengikuti webinar atau mengasah kemampuan dengan mengikuti kursus online. Sekarang berbagai informasi terkait SEO sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah dari platform atau komunitas digital marketing.

Kalau merasa bingung harus mulai darimana, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berkesan mengenai digital marketing dengan bergabung bersama kami di Great Edu. Mulai dari workshop hingga kursus dengan video, Great Edu hadir buat kamu yang pengen belajar macam-macam tapi gak punya waktu karena harus kerja seharian atau masih harus belajar sampai tengah hari.

Dengan pembicara yang pastinya ahli dalam bidangnya, Great Edu memberikan berbagai macam edukasi untuk berbagai bidang yang kamu minati, karena kami hadir sebagai  #HomeforAllEducationNeeds.

Terima kasih sudah baca sampai bawah, Greaters! Jangan lupa bagikan bacaan ini supaya bisa nambah insight untuk orang-orang di sekitarmu ya, sampai bertemu lagi di artikel lainnya!

 

featured
random artikel
Pilihan Belajar dengan
Mudah dan Menyenangkan,
Semua Ada di GreatEdu
Persiapkan Karirmu Lewat Konten Berkualitas dari GreatEdu.
Mari Bertumbuh Bersama dalam Karir, Bisnis, dan Pendidikan
Hubungi Kami
GreatEdu
Get to Know Us
Copyright
© 2020. All Right Reserved
Payment Partner
Connect With Us